Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Trik Sederhana Menyegarkan Kembali Tampilan Rumah

Namun, sebetulnya, ada beberapa trik sederhana yang bisa dilakukan untuk menyegarkan kembali tampilan rumah, bahkan dengan biaya minim. 

Salah satunya, menggunakan cermin. Untuk ruangan kecil, misalnya, tidak perlu merenovasinya hanya untuk membuat ukurannya menjadi lebih besar.

Sebab, cermin dapat menciptakan ilusi visual sehingga membuat ruangan lebih besar dari aslinya. Hal ini karena permukaan cermin memantulkan cahaya sehingga ruangan menjadi lebih terang.

Disadur dari Real Simple, Selasa (16/8/2022), berikut ragam trik sederhana lainnya untuk menyegarkan kembali tampilan rumah. 

Justina Blakeney, desainer interior, mengatakan gagang atau kenop pintu adalah aksesori rumah yang dipandang sebelah mata.

Sebab, ketika tampilannya sudah mulai kusam, orang-orang tetap tak menyadarinya meski  sering menyentuhnya hampir setiap hari. 

Namun, karena merupakan salah satu benda yang sering disentuh pemilik rumah, meningkatkan tampilan gagang pintu dapat membuatnya menjadi elemen dekorasi.

Carilah kenop atau gagang pintu dengan bentuk unik atau finishing yang tampilannya dapat melengkapi perabot di dalam ruangan. Misalnya, kenop atau gagang dengan patina yang sama seperti rangka lampu utama.

Kenop atau gagang pada lemari dapur dan kabinet kamar mandi pun dapat diubah untuk menghadirkan tampilan baru yang lebih dramatis.

Perbarui nat kamar mandi

Lapisan nat baru dapat membuat kamar mandi terasa baru. Desainer interior, Tracy Morris, mengungkapkan langkah ini bisa dilakukan hanya dalam setengah hari saja. 

Untuk tampilan nat yang sudah kusam, lapisi dengan nat baru yang warnanya sama dengan nat asli. Jadi, tidak perlu melapisi nat berwarna baru pada seluruh lapisan nat di kamar mandi.

Sementara untuk warna nat gelap, mereka harus dikerjakan oleh sprofesional supaya tampilannya tampak halus.

Jika memiliki shower yang dilengkapi tirai dan batang berbentuk lurus, ganti batangnya dengan bentuk melengkung.

Ini bisa memungkinkan kamu untuk bergerak lebih leluasa tanpa kulit harus menyentuh tirai, yang bisa cukup mengganggu bagi sebagian orang.

Hias dinding

Desainer interior, Libby Langdon, menuturkan menghias dinding dengan barang dekorasi baru atau menata ulang dekorasi yang sudah ada dapat menyegarkan kembali tampilan rumah. 

Untuk barang dekorasi yang digantung, kamu bisa menurunkannya untuk diletakkan di rak terbuka dengan cara disenderkan ke dinding.

Jika memiliki lorong atau tangga panjang, Elsie Larson dari A Beutiful Mess menyarankan menghias area tersebut dengan galeri foto-foto sentimental untuk menambahkan kepribadian.

Hadirkan barang-barang antik

Desainer interior, Amber Lewis, mengatakan barang-barang yang berusia lebih tua dapat membuat ruangan terasa hangat dan terlihat menarik, ujar 

“Bagian terbaiknya, barangnya unik. Tidak ada orang lain yang akan memiliki hal yang sama persis,” katanya. 

Kamu bisa menggunakan koper tua sebagai meja kopi, memajang peralatan makan di lemari antik, atau menggunakan credenza sebagai meja rias di kamar mandi. 

Desainer interior, Orlando Soria, menuturkan, pencahayaan adalah permata mahkota sebuah ruangan. 

Gantilah rangka lampu plafon yang tampilannya biasa dengan sesuatu yang memiliki kepribadian seperti lampu gantung jenis pendant dengan banyak bohlam di atas meja makan.

Laura Hur, desainer interior, menyarankan  menghadirkan fitur peredup cahaya karena setiap kegiatan yang berbeda membutuhkan jumlah cahaya yang berbeda.

Padukan material

Terakhir, cara menyegarkan kembali tampilan rumah adalah mengombinasikan material lembut dan keras untuk menciptakan ruangan yang nyaman.

Menambahkan elemen dengan tekstur yang bervariasi, seperti keranjang anyaman, bantal rajut, dan aksen kayu, merupakan cara efektif untuk menghadirkan daya tarik visual.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/16/232000276/7-trik-sederhana-menyegarkan-kembali-tampilan-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke