Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Hal yang Dapat Membuat Rumah Dimasuki Pencuri

Namun, ada beberapa hal yang dapat membuat rumah dimasuki pencuri, yang mana ini disebabkan oleh pemilik rumah tidak melindungi rumahnya dengan benar.

Jadi, apabila kamu tidak ingin maling masuk ke dalam rumahmu, pastikan untuk tidak membiarkan hal-hal di bawah ini terjadi.

Dilansir dari Best Life, Sabtu (13/8/2022), berikut ini adalah empat hal yang dapat membuat rumah dimasuki pencuri.

Namun, Laurice Constantine, ahli rumah dan pendiri Casadar, memperingatkan bahwa hal demikian tidak selalu terjadi.

Sebaliknya, dia memperingatkan bahwa pagar dan gerbang sebenarnya memberi pencuri tempat untuk bersembunyi dan berlindung ketika mereka mengintip di sekitar rumahmu.

"Seorang pencuri dapat masuk ke rumahmu tanpa diketahui jika kamu memberi mereka terlalu banyak privasi," jelas Constantine.

Constantine menambahkan bahwa cara kamu mengatur lansekap rumahmu mungkin memengaruhi seberapa ramah rumahmu kepada orang-orang dengan niat buruk.

Pakar mengatakan bahwa semak dan pohon yang melapisi sisi rumahmu menawarkan jenis penutup yang sama seperti pagar dan gerbang.


"Perbaiki kesalahan ini dengan menjaga semak tetap tumbuh rendah atau tipis di dekat rumah sambil menjauhkan tanaman yang lebih tinggi dan lebih padat," saran Constantine.

Menurut Haley, menutup dan mengunci pintu garasi adalah langkah sederhana yang dapat kamu ambil untuk mencegah penjahat mencoba mendapatkan akses ke rumahmu.

"Kunci pintu garasi otomatis sangat aman dan dapat digunakan hanya dengan satu sentuhan tombol," kata Edward Flower, direktur pelaksana Hollington Doors Ltd, sebuah perusahaan pintu yang berspesialisasi dalam pintu garasi.

Edward menambahkan bahwa penggunaan kunci pintu garasi otomatis adalah pekerjaan yang sederhana dan meningkatkan keamanan rumah.

Tidak mengunci jendela dan pintu rumah setiap saat

Ini mungkin tampak seperti hal yang paling jelas yang dapat membuat rumah dimasuki pencuri.

Namun, Yasmin Purnell, penyedia asuransi rumah Surewise mengatakan kalau sejumlah orang tidak benar-benar meluangkan waktu untuk mengamankan pintu dan jendela rumah, sekalipun mereka tidak meninggalkan rumah.

"Pencuri pada umumnya mencari sasaran yang mudah untuk diserang. Jendela atau pintu yang tidak terkunci dengan cepat meningkatkan kemungkinan rumahmu dibobol," kata Yasmin.

Jadi mengunci pintu maupun jendela bukan hanya langkah keamanan yang diperlukan ketika kamu berada di luar rumah saja.

Menurut Haley, penting juga bagimu untuk memastikan semua pintu dan jendela terkunci, bahkan ketika kamu berada di dalam rumah.


"Orang sering berpikir bahwa jika mereka di rumah, tidak mungkin pencuri akan mencoba masuk, tapi tidak selalu demikian," jelas Haley memperingatkan.

Jika pencuri tahu kamu ada di rumah dan berpikir bisa masuk tanpa terlihat, mereka akan mencobanya.

Menurut ahli rumah, kamera keamanan video atau CCTV adalah contoh besar dari ini.

"Kemungkinan pencuri mencoba masuk ke rumahmu jauh lebih kecil jika tindakan mereka akan tertangkap kamera. Jadi, banyak pencuri yang akan menghindari rumah di mana camera closed-circuit television (CCTV)," jelasnya.

Jika tidak memiliki anggaran untuk membeli CCTV, kamu masih dapat mencapai tujuan yang diinginkan dengan sesuatu yang tidak nyata atau tidak benar-benar berfungsi.

Bahkan memasang kamera CCTV palsu dapat mencegah niat pencuri untuk menjadikan rumahmu target pencuriannya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/13/154600976/4-hal-yang-dapat-membuat-rumah-dimasuki-pencuri

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke