Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gampang, Ini 5 Cara Membuat Ruang Kecil Tampak Lebih Besar dan Praktis

Namun, frustrasi dan meratapi apa yang harus dilakukan tidak akan membuat perbedaan pada ruang kecil. Dengan, menerapkan beberapa trik desain sederhana bisa membuat ruang kecil tampak dan terasa lebih besar serta praktis.

Nah, berikut lima cara membuat ruang kecil tampak lebih besar dan praktis dilansir dari My Decorative, Minggu (7/8/2022).  

Menggunakan warna-warna terang seperti putih atau cream dapat menciptakan ilusi pada ruang kecil sehingga terasa lebih luas.

Hal ini terutama karena warna terang memantulkan cahaya, sedangkan warna gelap menyerapnya. Ada beberapa warna cat terang yang bisa digunakan pada dinding untuk memperbesar tampilan ruang kecil.

Selain itu, cara membuat ruang kecil tampak lebih besar dan praktis adalah menggunakan cahaya monokromatik pada kusen jendela dan pintu untuk memperluas ilusi sehingga terlihat lapang dan luas.

Trik lain yang bisa digunakan adalah mengecat trim dinding dengan warna lebih terang daripada bagian dinding lainnya. 

Tingkatkan cahaya alami ke dalam ruangan

Cahaya membuat segalanya terlihat lebih terang dari sebelumnya. Ini menjadi cara membuat ruang kecil tampak lebih besar dan praktis.

Gunakan pintu dan jendela yang lebih besar guna mendorong pencahayaan di dalam ruangan. Namun, jika anggaran tidak memungkinkan untuk membuat perubahan besar, Anda dapat memasang lampu pada dinding untuk membawa lebih banyak cahaya dan membuat ruangan terasa lebih besar. 

Inilah sebabnya perlu menyingkirkan barang berlebih di ruang keci. Setelah menyingkirkan kekacauan, Anda akan merasakan ruangan menjadi lebih terbuka, lapang, dan teratur.

Cara lain mengurangi barang-barang yang tidak perlu di dalam ruangan adalah menyingkirkan gambar dan lukisan yang membuat ruang kecil terasa berantakan dan sesak. 

Pastikan hanya ada satu titik fokus di ruangan yang akan menarik perhatian. Misalnya, di kamar tidur, gunakan tempat tidur sebagai titik fokus utama. 

Selain itu, membeli satu furnitur besar memberi Anda lebih banyak ruang untuk berjalan-jalan serta membuat ruang kecil terasa lebih besar dan nyaman. 

Tempatkan cermin secara strategis 

Terakhir, cara membuat ruang kecil tampak lebih besar dan praktis adalah menggunakan cermin. Cermin memantulkan cahaya alami dan buatan yang masuk ke ruangan sehingga memaksimalkan ruang kecil. 

Tempatkan cermin pada sudut ke arah jendela atau berdekatan dengan jendela itu sendiri. Pada penghujung hari, cermin menciptakan kesan terbuka pada ruang kecil sehingga membuatnya terasa dan tampak lebih besar.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/07/075646376/gampang-ini-5-cara-membuat-ruang-kecil-tampak-lebih-besar-dan-praktis

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke