Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Manfaat Menyingkirkan Barang-barang yang Tidak Digunakan dari Rumah

Sayangnya, kebanyakan barang tersebut lebih sering tidak digunakan lantaran membeli berdasarkan keinginan, bukan kebutuhan. 

Pada akhirnya, barang-barang ini hanya akan menumpuk dan membuat kekacauan di rumah, Bahkan, seiring waktu, semua kekacauan itu akan berdampak buruk pada kesejahteraan hidup Anda.

Meski demikian, melepaskan atau menyingkirkan barang-barang yang tidak digunakan tersebut bukan hal mudah. 

Hal ini lantaran memiliki rasa kepemilikan berlebih terhadap barang tersebut, barang mempunyai nilai kenangan, barang merupakan pemberian orang tersayang, serta perasaan bersalah membuangnya. 

Padahal, menyingkirkan barang-barang atau melakukan decluttering memiliki sejumlah manfaat, baik bagi rumah maupun diri Anda. 

Nah, berikut sejumlah manfaat decluttering atau menyingkirkan barang-barang yang tidak  digunakan dari rumah dari My Decorative, Kamis (28/7/2022). 

Selain itu, banyaknya barang yang tidak digunakan di rumah membuat Anda dibebani kecemasan, yang akhirnya membuat stres. 

Sebaliknya, sedikit memiliki barang di rumah atau hanya beberapa barang yang dibutuhkan membuat pikiran lebih tenang serta terhindar stres. 

Membersihkan rumah lebih mudah

Selain minim kekacauan, mempunyai sedikit barang di rumah tentu membantu memudahkan dan menghemat waktu pembersihan rumah.

Hal ini juga membantu Anda ketika berencana menjual rumah pada kemudian hari. Sebab, ini memudahkan pengambilan foto untuk dipasarkan dan calon pembeli lebih menyukai melihat rumah yang tidak terlalu memiliki banyak barang. 

Contohnya, ketika berjalan di tempat ramai, tentu Anda akan kesulitan keluar. Hal ini berlaku untuk kekacauan di rumah. 

Karena itu, menyingkirkan barang-barang yang tidak lagi digunakan atau rusak, membuat Anda menikmati menghabiskan waktu di rumah. 

Meningkatkan produktivitas 

Terakhir, manfaat decluttering adalah meningkatkan produktivitas, khususnya bila bekerja dari rumah atau WFH.

Pasalnya, rumah yang berantakan membuat Anda sulit untuk fokus dan berkonsentrasi menyelesaikan tugas. Dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak digunakan dan semua kekacauan, dapat membuat fokus lebih mudah serta meningkatkan produktivitas. 

Decluttering tidak hanya penting dilakukan ketika menjual rumah, tetapi ini juga menjaga kewarasan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/28/152900376/4-manfaat-menyingkirkan-barang-barang-yang-tidak-digunakan-dari-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke