Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membasmi Tikus yang Berkeliaran di Dapur

Sayangnya, dapur menjadi salah satu ruangan favorit bagi tikus untuk tinggal, mencari makan, hingga berkembang biak.

Jadi, apabila area dapur rumahmu terdapat tikus-tikus yang menjijikkan, ada berbagai cara untuk membasminya.

Dilansir dari Terminix, Senin (18/7/2022), berikut ini cara membasmi tikus yang hidup dan berkeliaran di dapur.

Jika kamu bertanya mengapa tikus sering muncul di dapur, itu adalah habitat ideal bagi hewan pengerat tersebut karena menyediakan segala yang mereka butuhkan, mulai dari makanan, air, tempat bersarang, dan tempat bersembunyi.

Jika kamu melihat hewan pengerat apa pun, ambil langkah yang tepat untuk menghilangkan hama dengan cepat dan mencegahnya kembali dan membentuk populasi.

Pastikan lemari dapur antitikus dengan menyegel dan membersihkan bagian dalam area kabinet.

Periksa area yang digunakan untuk menyimpan makanan, singkirkan remah-remah, makanan yang terbuka, dan simpan makanan ke dalam wadah tertutup yang kokoh dan tidak mudah dijangkau tikus.

Harap diperhatikan bahwa ruang di bawah wastafel dapurmu adalah titik masuk yang umum karena bukaan di sekitar pipa biasanya cukup besar untuk dilewati tikus.

Sebelum mencari tahu cara menyingkirkan tikus di lemari dapur, coba jauhkan mereka dengan menutup lubang seperti itu menggunakan kawat kasa atau dempul.

Cara menyingkirkan tikus di dapur

Jika upaya pencegahan kamu tidak berhasil, ada sejumlah produk yang dirancang untuk membantu pemilik rumah menangkap tikus di dapur, ini termasuk:

Jebakan tikus

Untuk satu tikus atau sekelompok kecil tikus, jebakan penjepit tikus bisa menjadi metode yang efektif.

Benda satu ini tidak mahal, mudah digunakan dan kamu bisa memancing tikus dengan berbagai makanan, seperti keju atau selai kacang.

Namun, penting untuk menjadi strategis saat menempatkan perangkap penjepit tikus di dalam rumahmu untuk menghindari target yang tidak diinginkan, seperti hewan peliharaan dan anak kecil.

Tempat terbaik untuk memasang perangkap penjepit tikus biasanya di belakang furnitur, di sudut-sudut gelap dan di sepanjang dinding tempat tikus berlari untuk bersembunyi.

Pilihan perangkap lainnya adalah papan lem tikus yang akan menyebabkan tikus tersangkut di permukaan saat berjalan.


Ini mungkin bukan pilihan yang lebih disukai, karena tikus biasanya tidak akan mati dan kamu harus menemukan cara untuk menidurkannya.

Umpan beracun

Penggunaan umpan beracun atau racun tikus dapat membuat tikus mati, tetapi metode ini tidak disarankan.

Selain bahaya yang ditimbulkan karena kontak dengan racun (misalnya, hewan peliharaan, anak-anak, pemilik rumah), umpan beracun mungkin tidak langsung bekerja.

Penggunaan umpan beracun bisa membuat tikus merangkak ke ruang kecil yang tidak dapat diakses ketika mereka mati (misalnya di dalam dinding maupun plafon dan sebagainya).

Hal ini dapat menyebabkan bau busuk yang dapat bertahan selama berbulan-bulan saat bangkai tikus membusuk.

Pencegahan dan penyingkiran tikus

Penggunaan perangkap yang ditargetkan, pembersihan, dan umpan beracun dapat membantu menjauhkan tikus dan hewan pengerat lainnya.

Namun, kemungkinan tikus akan terus kembali ke dalam rumahmu (khususnya dapur) seiring berjalannya waktu.

Jika kamu sepertinya tidak tahu bagaimana tikus bisa masuk ke rumahmu, konsultasikan dengan profesional pembasmi tikus untuk mendapatkan bantuan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/18/184400576/cara-membasmi-tikus-yang-berkeliaran-di-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke