Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tips Menghemat Penggunaan Listrik di Rumah Sewa

Dalam menyewa rumah, ada beberapa perjanjian antara setiap pemilik rumah dan penyewa, salah satunya pembayaran listrik bulanan. 

Ada pemilik rumah yang menyewakan rumah sudah termasuk biaya listrik, ada pula di luar pembayaran listrik. 

Jika menyewa rumah di luar pembayaran listrik, tentunya penghematan penggunaan energi dapat meringankan tagihan listrik setiap bulan. 

Dilansir dari The Washington Post, Kamis (7/7/2022), ada langkah-langkah sederhana dan murah yang dapat dilakukan untuk mengurangi penggunaan energi di rumah sehingga menghemat tagihan listrik. 

“Dengan menggunakan lebih sedikit energi, itu berarti sistem utilitas menghasilkan lebih sedikit energi,” kata Lizzie Rubado, Manajer di Energy Trust of Oregon, Amerika Serikat (AS).

Berikut tujuh cara menghemat penggunaan listrik di rumah sewa.  

Jika merasa kewalahan mengganti semua bohlam lampu, Rubado merekomendasikan memulai dengan lima lampu yang paling sering digunakan. Jangan lupa menukar kembali lampu saat pindah. 

Menghemat air

Kathryn Kellogg, pendiri Going Zero Waste, sebuah platform yang mempromosikan kehidupan ramah lingkungan, merekomendasikan beralih menggunakan pancuran atau shower aliran rendah yang mengeluarkan lebih sedikit air. 

Jika rumah sewa memiliki mesin pencuci piring, gunakan itu. "Menggunakannya akan lebih sedikit energi dan air daripada mencuci piring dengan tangan," ucap Rubado. 

Hindari menyalakan AC saat tidak diperlukan 

Rubandi mengatakan menghindari menyalakan AC saat tidak digunakan adalah salah satu cara terbesar menghemat energi di rumah.

Bahkan perubahan kecil dapat berdampak besar pada tagihan listrik dan jejak karbon.

Jika rumah sewa memiliki termostat, Rubado merekomendasikan menyetel pada suhu antara 18 dan 20 derajat Celsius pada siang hari musim hujan. "Selama cuaca panas, jangan atur di bawah 21 derajat Celsius," ucapnya.

Begitu pun jangan menyalakan AC dengan suhu terendah. Hal ini, kata Rubondo, tidak akan mendinginkan rumah lebih cepat, tetapi hanya akan memaksa sistem bekerja lebih keras dan menggunakan lebih banyak energi.

Jika memiliki termostat yang dapat diprogram, sebaiknya luangkan waktu untuk menyiapkannya dan mempelajari cara kerjanya sehingga tidak perlu mendinginkan rumah saat Anda pergi. 

Sementara itu, Rubondo menyarakan memastikan kipas plafon berputar searah jarum jam pada pengaturan rendah pada musim hujan sehingga mendorong udara hangat yang telah naik ke atas

Sebaliknya, memutarnya berlawanan arah jarum jam pada cuaca panas untuk membuat aliran ke bawah. Sebagian besar kipas plafon memiliki sakelar atau rantai yang akan mengubah arah bilah.

Anda dapat memperbaiki ruang yang berangin dan membuang-buang energi tanpa konstruksi yang mahal.

“Rumah pada umumnya memiliki celah dan retakan kecil yang cukup besar sehingga setara dengan membiarkan jendela terbuka sepanjang tahun,” imbuh Rubado. 

Merawat kulkas

Kellogg mengatakan, untuk membuat kulkas bekerja lebih efisien dan tidak membuang listrik, vakum bagian belakang kulkas dan bersihkan gulungannya.

Ini akan membantu kulkas menyebarkan panas lebih baik dan bekerja lebih efisien. Selain itu, apabila kulkas memiliki mesin pembuat es, ia menyarankan mematikannya setelah ember es penuh untuk menghemat energi. Hanya hidupkan kembali setelah kosong. 

“Rata-rata, setiap rumah memiliki sekitar 40 pengguna energi hantu ini dan penggunaan energi itu bisa bertambah,” ujar Rubado. 

Karena itu, cabut semua kabel peralatan elektronik yang masih tercolok saat tidak digunakan. Sebagai solusi, menggunakan colokan pintar untuk memungkinkan Anda menghidupkan dan mematikan perangkat dari jarak jauh. 

Cuci dan keringkan dengan cerdas

Cuci pakaian menggunakan air dingin kapan pun Anda bisa. Mengeringkan pakaian menggunakan rak atau tali adalah metode paling hemat energi, tetapi terkadang kekurangan ruang untuk menjemur pakaian.

Jika itu masalahnya, direkomendasikan memasukkan handuk kering ke dalam pengering bersama pakaian basah. Ini membantu mengurangi waktu keseluruhan untuk pakaian di pengering.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/07/074600276/7-tips-menghemat-penggunaan-listrik-di-rumah-sewa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke