Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilihan 5 Jenis Material Pot untuk Luar Ruangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat hendak memilih pot tanaman untuk dalam ruangan, Anda hanya perlu mempertimbangkan penampilannya atau desainnya.

Namun, ketika berbicara tentang pot tanaman luar ruangan, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Anggaran, lokasi penempatan, dan pemeliharaan menjadi beberapa pertimbangannya. 

Selain itu, dilansir Beautiful House, Sabtu (2/7/2022), Anda juga harus memilih sesuatu yang cukup kokoh untuk pot tanaman di luar ruangan.

Untuk membantu Anda memilih pot tanaman luar ruang yang tepat untuk kebutuhan Anda, berikut beberapa pro dan kontra pot dari berbagai bahan material. 

1. Pot plastik

Jenis pot ini memiliki daya tahan pakai yang baik, tidak memerlukan perawatan apa pun, ringan dan biasanya cukup murah, jadi pot plastik sangat bagus untuk yang memiliki anggaran terbatas.

Namun, jenis pot ini akan memudar seiring waktu, dan tidak selalu terlihat lebih baik daripada opsi logam atau kayu.

2. Logam

Pot dengan jenis material ini biasanya cukup bertahan dengan baik di luar. Ini tidak akan pudar atau berjamur, tetapi opsi dengan kualitas yang lebih rendah mungkin mulai berkarat setelah beberapa waktu.

Pot ini sangat serbaguna, dan ada banyak hasil akhir yang berbeda tergantung pada apakah Anda ingin mencapai efek yang lebih modern atau tradisional.

3. Pot tanah liat atau poterakota

Pot jenis terakota atau tanah liat memiliki nada hangat yang indah yang bekerja sangat baik di dalam dan di luar ruangan.

Akan tetapi, pot yang lebih besar bisa mahal dan bahan ini akan hancur jika Anda menjatuhkannya.

4. Pot kayu

Pot kayu memiliki hasil akhir pedesaan yang alami dan, jika Anda mencari opsi bersertifikat FSC, carilah opsi berkelanjutan yang baik.

Jika Anda memilih yang dibuat dengan kayu yang tidak diolah, mereka dapat diwarnai atau dicat dengan warna pilihan Anda sendiri.

Namun, jenis pot ini memang membutuhkan perawatan tahunan agar tetap terlihat terbaik dan, jika tidak dirawat, dapat menjadi rentan terhadap kerusakan lembap atau jamur.

5. Beton

Pot beton merupakan pot yang tahan lama, isolator yang kuat dan mampu menahan elemen seperti angin atau hujan.

Pot ini sangat berat tetapi menawarkan daya tahan yang luar biasa sehingga akan bertahan selama beberapa dekade, dan akan terus terlihat lebih baik seiring bertambahnya usia.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/02/105839876/pilihan-5-jenis-material-pot-untuk-luar-ruangan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke