Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tips Dekorasi Rumah dengan Anggaran Terbatas

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak inspirasi dekorasi rumah yang menarik untuk diaplikasikan. Akan tetapi, yang penting adalah Anda menyesuaikan rencana dekorasi rumah dengan anggaran yang dimiliki.

Pada dasarnya, dekorasi rumah tidak harus menguras kantong Anda. Kunci melakukan dekorasi rumah tanpa anggaran besar adalah mencoba dan fokus pada perubahan kecil yang akan berdampak besar.

Jika memungkinkan, Anda juga harus mempertimbangkan melakukan apa yang bisa dilakukan sendiri, sehingga Anda dapat menghemat uang untuk menyewa atau membeli perabot baru.

Penulis Australian Style dan Little Black Book Melissa Penfold, adalah salah satu pakar gaya dan belanja favorit Australia.

Menurut dia, mendekorasi rumah dengan anggaran terbatas adalah kesempatan yang menyenangkan untuk kecerdikan dan arah baru.

"Jadilah inventif. Ubah itu menjadi permainan. Bagian dari menciptakan gaya adalah mencoba hal-hal baru," kata Penfold, seperti dikutip dari Homes to Love, Sabtu (25/6/2022). 

"Uang tidak akan pernah bisa melakukan apa yang bisa dilakukan oleh imajinasi dengan sedikit uang," imbuh dia.

Berikut beberapa tips dekorasi rumah tanpa anggaran besar yang dibagikan Penfold dan bisa menjadi inspirasi Anda.

1. Gunakan apa yang sudah dimiliki

Anda tidak perlu pergi ke toko, namun hanya perlu mengatur ulang apa yang Anda punya. Pindahkan lukisan, meja, bahkan porselen dari ruangan satu ke ruangan lainnya.


Ubah pengaturan furnitur, lapisi kembali bagian yang ada, cat furnitur kayu, tambahkan kenop baru ke kabinet tanpa jiwa. Seringkali banyak hal yang Anda miliki baik-baik saja, furnitur hanya perlu penyesuaian untuk membuatnya segar.

2. Rapikan rumah

Sebelum Anda mulai mengkhawatirkan apa yang bisa dan tidak mampu Anda beli, pertimbangkan apa yang harus disingkirkan. Barang-barang usang, usang, atau rusak dapat merusak tampilan rumah, dan jika tidak penting, menyingkirkannya dapat membuat rumah bersih.

3. Nuansa warna netral

Memilih furnitur klasik dalam warna netral akan memungkinkan furnitur Anda memiliki umur yang panjang dan beragam. Barang-barang dengan warna netral dapat dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lainnya selama bertahun-tahun.

Selain itu, dengan mengganti aksesori, bantal, lampu, permadani, seni, furnitur dapat dengan mudah diubah ketika selera berubah.

Memilih barang serbaguna dalam warna dan sentuhan akhir yang netral berarti Anda hanya perlu mengeluarkan biaya tinggi sekali saja, bukan setiap beberapa tahun.

4. Elemen warna hitam

Apa pun gaya interior rumah Anda, baik modern, tradisional, atau eklektik, memperkenalkan elemen hitam seperti perabot, lukisan, atau aksesori akan menambah daya tarik instan.

5. Gunakan imajinasi

Ketika Anda memiliki anggaran yang sangat terbatas, bawa semua kekuatan pengamatan dan imajinasi Anda ke toko, gerai diskon, dan ajang diskon lainnya. Jelajahi toko-toko murah untuk barang-barang murah namun masih dalam kondisi baik.

6. Belanja dengan bijak

Hindari membuat keputusan tergesa-gesa. Ketika Anda memiliki anggaran, lebih mudah untuk membeli barang sesuai harganya, daripada membeli barang bagus.

Jika Anda membeli sofa yang buruk, misalnya, Anda selalu ingin menggantinya sesegera mungkin.

7. Hindari duplikasi

Waspadalah terhadap duplikasi. Jangan selalu membeli barang yang sama.

Misalnya, Anda memiliki meja kopi indah yang Anda sukai. Kemudian Anda melihat meja samping kuningan cantik yang menyerupai itu.

"Meja kopi tidak akan terlihat istimewa jika memiliki desain yang serasi," ujar Penfold.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/25/122618476/7-tips-dekorasi-rumah-dengan-anggaran-terbatas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke