Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pindah ke Apartemen? Hindari 5 Kesalahan Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Pindah ke apartemen pertama adalah hal yang menggembirakan. Namun demikian, mungkin Anda juga tergoda untuk langsung memenuhi ruangan apartemen dengan furnitur atau aksesoris.

Ini terutama jika apartemen yang akan ditempati belum memiliki perabotan-perabotan mendasar. Akan tetapi, desain interior yang bagus tidak terjadi dalam sekejap.

Dibutuhkan waktu, ketekunan, dan kemauan untuk hidup dengan ketidaksempurnaan saat Anda mencari furnitur yang tepat. Oleh karena itu, meskipun mungkin tergoda untuk membeli furnitur, jangan terburu-buru.

Sebab, jika terburu-buru, Anda bisa berakhir dengan desain dan tampilan apartemen yang penuh penyesalan.

Berikut beberapa kesalahan dekoraai yang harus dihindari saat pindah ke apartemen, dikutip dari The Spruce, Senin (6/6/2022).

1. Membeli semua furnitur sekaligus

Sangat dapat dimengerti bahwa Anda ingin mengisinya secepat mungkin. Namun, berlomba untuk membeli banyak furnitur sekaligus bisa menjadi kesalahan besar dan mahal.

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah membuat daftar barang-barang utama yang Anda butuhkan dan membelinya sesuai urutan kepentingannya. Jika Anda sangat membutuhkan sofa, maka belilah sofa, tetapi jangan membeli meja kopi, meja samping, kursi, dan yang lainnya sekaligus.

Luangkan waktu untuk mencari barang yang tepat dan melakukan pembelian sesuai anggaran.

2. Terlalu cepat mengisi ruangan

Terburu-buru dalam berbagai hal dapat menyebabkan penyesalan, termasuk dalam hal mendekorasi apartemen. Ini bukan hanya tentang furnitur, tetapi juga karpet, pencahayaan, dan aksesoris.

Mendekorasi ruangan mirip seperti menyusun teka-teki. Setiap bagian terhubung dengan cara yang mungkin tidak jelas saat Anda pertama kali memulai.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan membuat rencana dekorasi sebelum memulai. Dengan begitu, Anda dapat mulai menyusun semua potongan teka-teki sebelum menghabiskan uang.

Anda dapat mengetahui furnitur apa yang dibutuhkan, jenis karpet apa yang cocok dengan furnitur tersebut, semua jenis pencahayaan yang harus Anda miliki, dan sebagainya.

Ini juga akan membantu Anda menentukan berapa banyak yang dapat Anda belanjakan, dan mana yang harus diprioritaskan.

3. Membeli semua aksesoris di toko yang sama

Salah satu aturan utama dalam mendekorasi adalah Anda tidak boleh membeli semuanya di satu tempat. Setiap ruangan akan terlihat seperti telah berkembang dari waktu ke waktu, dan itu hampir tidak mungkin jika semuanya dibeli di toko yang sama.

Selain itu, jika semuanya berasal dari satu toko, itu tidak benar-benar mencerminkan gaya Anda. Itu hanya mencerminkan gaya manajer toko.

Aksesoris adalah apa yang membuat rumah terasa personal. Mungkin sebuah karya seni adalah sesuatu yang Anda temukan saat dalam perjalanan bersama keluarga atau mungkin pernak pernik kecil adalah sesuatu yang Anda beli saat berbelanja barang antik.

Tidak masalah apa ceritanya, selama hal-hal di rumah mencerminkan hidup Anda dan perjalanan yang telah Anda lakukan.

4. Hanya membeli barang murah

Kebanyakan orang yang pindah ke apartemen pertama mereka memiliki anggaran terbatas dan karena itu mencari hal-hal yang semurah mungkin. Pasti ada cara untuk mendekorasi apartemen dengan murah.

Namun, meskipun dengan anggaran terbatas, penting untuk tetap memikirkan kualitas, terutama untuk bagian utama. Hanya karena ini adalah hunian pertama, bukan berarti Anda tidak boleh membeli barang dengan mempertimbangkan umur panjang.

Misalnya, dalam hal membeli sofa, Anda harus selalu mendapatkan furnitur dengan kualitas terbaik. Ketika Anda membeli barang-barang yang berkualitas rendah, tidak dapat dihindari bahwa barang-barang itu perlu diganti di beberapa titik dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Meskipun tidak apa-apa untuk mencoba dan menghemat uang dengan cara mendaur ulang dan menjadi kreatif, jangan terlalu bijaksana dan bodoh. Ketika datang ke barang-barang besar, belilah kualitas terbaik yang Anda mampu.

Kuncinya adalah mengetahui benda apa yang ingin dibeli secara royal dan benda apa yang dapat Anda hemat.

5. Tidak mendekorasi secara menyeluruh

Jika apartemen pertama Anda adalah sewaan, Anda mungkin merasa sulit untuk menciptakan ciri kjaa. Banyak apartemen sewaan memiliki batasan tentang jenis perubahan apa yang dapat Anda lakukan.

Akibatnya, banyak orang tidak mendekorasi dengan cara yang benar-benar mereka inginkan. Untungnya, ada beberapa hal yang masih dapat Anda lakukan untuk menjadikan apartemen sewaan Anda lebih personal dengan cara yang tidak permanen.

Jika memungkinkan, ganti jendela, lampu, dan perangkat keras yang ada, karpet di atas lantai atau karpet yang ada, hiasi dengan wallpaper yang dapat dilepas yang tidak akan meninggalkan bekas. Atau, jika pemilik Anda setuju, cat dinding, trim, dan pintu.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/06/081800376/pindah-ke-apartemen-hindari-5-kesalahan-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke