Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Merawat Wajan Antilengket agar Tidak Rusak dan Tahan Lama

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi keluarga yang gemar memasak, memiliki wajan antilengket tentunya sangat membantu kegiatan memasak.

Dari beragam menu yang dapat diolah, ada beberapa yang dapat menempel pada wajan biasa sehingga akan menyulitkan proses pembersihan, bahkan proses pengambilan makanan dari wajan.

Oleh karena itu, wajan antilengket kerap dicari oleh beberapa orang yang sedang berbelanja peralatan dapur.

Disadur dari Renonation, Rabu (18/5/2022), wajan antilengket dilapisi oleh politetrafluoroetilena (PTFE) yang dapat mengurangi gesekan antara bahan makanan dengan permukaan wajan.

Walhasil, makanan tidak mudah menempel di wajan. Mereka adalah peralatan dapur yang mudah digunakan dan mampu menghantarkan panas dengan lebih merata.

Akan tetapi, hal ini akan sulit dicapai dan bahkan kamu harus mengganti wajan secara rutin jika tidak dirawat dengan baik. Lantas, seperti apa cara merawat wajan antilengket agar tidak rusak dan tahan lama?

Cara merawat wajan antilengket

Seperti yang dikatakan sebelumnya, permukaan wajan antilengket dilapisi oleh PTFE sehingga makanan tidak mudah menempel.

Jika wajan tidak dirawat dengan baik, lapisannya dapat rusak dan meningkatkan kemungkinan dilepaskannya zat beracun. Jadi, gunakan wajan secara hati-hati.

  • Perhatikan suhu panas

Wajan antilengket tidak cocok untuk memasak dengan suhu panas yang kuat, dan memasak untuk waktu yang lama seperti memasak sup. Mereka kurang direkomendasikan.


Untuk itu, pastikan ada minyak atau air di wajan sebelum menyalakan kompor agar wajan tidak kering oleh api.

Ketika sedang memakai wajan antilengket, gunakan spatula kayu atau plastik alih-alih spatula logam. Sebab, materialnya dapat merusak lapisan permukaan.

  • Hati-hati saat mencuci dan menyimpannya

Untuk proses pencucian, hindari membilas wajan antilengket dengan air panas sesaat setelah memasak pada suhu tinggi. Ini untuk mencegah lapisan terkelupas karena ekspansi termal.

Kemudian, jangan gunakan penggosok peralatan dapur yang kasar atau bola serat baja saat ingin membersihkan permukaan wajan agar lapisan tidak tergores. Gunakan bagian spons yang halus.

Apabila memiliki lebih dari satu wajan antilengket, jangan disimpan dengan cara ditumpuk guna menghindari lapisan yang tergores.

  • Perhatikan frekuensi penggunaan

Jika sering memasak menggunakan wajan antilengket, usia penggunaannya umumnya hanya sekitar satu tahun.

Ketika lapisannya terkelupas atau tergores, mereka secara bertahap akan kehilangan kemampuan untuk menahan makanan agar tidak menempel pada permukaan. Oleh karena itu, kamu perlu mengganti wajan antilengket dengan yang baru sesegera mungkin.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/18/215200576/cara-merawat-wajan-antilengket-agar-tidak-rusak-dan-tahan-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke