Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Durasi Waktu yang Dibutuhkan Mesin Cuci untuk Mencuci Pakaian

Setidaknya, mesin cuci dapat menyelesaikan kegiatan mencuci pakaian sekitar 15 menit hingga dua jam, tergantung beban cucian. Namun, rata-rata waktu mencuci pakaian dengan muatan standar sekitar satu jam. 

Dilansir Home Appliance Hero, durasi yang diperlukan mesin cuci untuk mencuci pakaian dipengaruhi beban muatan atau cucian. 

Beban yang lebih besar atau berat seperti handuk dan selimut tebal dapat memakan waktu lebih lama siklus pencucian, sedangkan beban lebih kecil atau tipis akan memakan waktu lebih sedikit.

Lantas, berapa lama waktu yang dihabiskan mesin cuci untuk satu kali siklus pencucian?

Seperti dijelaskan sebelumnya, waktu ini tergantung pada seberapa besar beban cucian dan pengaturan pada mesin cuci. 

Mesin cuci modern biasanya memiliki pengatur waktu pada bagian atas yang menunjukkan dengan tepat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencuci pakaian. 

Selain itu, waktu pencucian juga tergantung dengan jenis mesin cuci. Misalnya, mesin cuci bukaan atas berefisien tinggi membutuhkan waktu rata-rata 60 sampai 80 menit untuk mencuci pakaian. 

Mesin cuci bukaan atas lebih cepat daripada mesin cuci bukaan depan meski kurang hemat energi. 

Sedangkan, untuk mesin cuci bukaan depan dengan efisiensi tinggi, membutuhkan waktu rata-rata 75-120 menit untuk mencuci pakaian.

Meski cenderung lebih hemat energi daripada mesin cuci bukaan atas, mesin cuci bukaan depan memiliki siklus pencucian lebih lama. 

Hal ini karena mesin cuci bukaan depan dibuat untuk menghemat listrik dan air sehingga baik untuk lingkungan dan menghemat biaya.

Namun, mesin cuci bukaan depan membutuhkan lebih banyak waktu untuk mencuci pakaian. Selain itu, siklus pencuciannya juga lebih lama jika semakin banyak pembersihan yang dibutuhkan.

Apalagi, tidak ada jalan pintas untuk mempercepat siklus pencucian pada mesin cuci bukaan depan. 

Penyebab siklus mesin cuci terlalu lama 

Meski ada beberapa jenis mesin cuci memiliki siklus pencucian lebih lama, siklus yang terlalu lama terkadang menandakan sebuah masalah. 

Jika mesin cuci membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk membersihkan pakaian, kemungkinan mesin cuci mengalami kerusakan. Kerusakan ini bisa disebabkan kesalahan pengguna yang idak menggunakannya dengan benar. 

Penyebab siklus mesin cuci bekerja lebih lama, antara lain beban yang terlalu besar, beban tidak seimbang, siklus pencucian yang salah atau adanya set siklus tambahan, sistem beban rusak, katup saluran air rusak, tegangan yang rendah, dan terlalu banyak menggunakan deterjen. 

Untuk memecahkan masalah ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menggunakan mesin cuci dengan benar.

Periksa kembali pengaturan siklus pencucian dan ikuti petunjuk pada mesin cuci dan item cucian Anda untuk mencuci pakaian dengan tepat.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/13/224600576/ini-durasi-waktu-yang-dibutuhkan-mesin-cuci-untuk-mencuci-pakaian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke