Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membasmi Kutu Putih pada Tanaman Cabai Secara Alami

JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu putih adalah salah satu hama tanaman, termasuk pada tanaman cabai. Kutu ini merusak tanaman dengan bercak-bercak berwarna putih yang mereka tinggalkan dan telur-telur yang menempel pada daun tanaman.

Dilansir laman Cybex Kementerian Pertanian RI, kutu putih biasanya ditemukan pada bagian bawah daun dan mengisap getah dari tanaman yang ditinggalinya.

Selain mengambil nutrisi tanaman, kutu putih juga dapat memicu pertumbuhan jamur dan menyebarkan virus-virus pada tanaman tertentu.

Pengendalian kutu putih dapat dilakukan dengan memelihara pemangsa alami kutu putih, yaitu dengan memelihara hewan-hewan memakan kutu putih.

Menyebarkan bibit parasit kutu putih berupa tawon parasit dapat mengerogoti tubuh kutu putih dengan mengganggu kemampuan reproduksinya.

Sebaiknya hindari penggunaan insektisida. Sebab, penggunaan insektisida terkadang justru meningkatkan jumlah populasi kutu putih yang ada di tanaman apabila tidak tidak tepat dosis dan tidak tepat cara.

Anda dapat juga menggunakan parasit untuk membasmi kutu putih. Beberapa parasit tersebut antara lain adalah Encarsia formosa atau keluarga Encarsia lainnya.

Parasit ini memiliki bentuk mirip tawon dan biasanya hanya bisa bertahan saat berada di dalam ruangan. Oleh sebab itu, penggunaan parasit ini lebih disarankan untuk membasmi kutu putih yang hidup pada tanaman di dalam ruangan.

Encarsia formosa bekerja dengan cara menggerogoti tubuh kutu putih, serta mengganggu sistem reproduksi mereka, sehingga dapat menekan proses perkembangbiakan kutu putih. Bibit parasit ini biasanya banyak dijual di toko perlengkapan kebun.

Selain itu juga dapat menggunakan perangkap. Ada banyak perangkap kutu putih yang bisa digunakan, baik yang dijual di pasaran, ataupun dibuat sendiri.

Perangkap yang dijual di pasaran berbentuk seperti kertas karton dan berwarna kekuningan. Kertas ini memiliki tekstur lengket, sehingga serangga kecil yang hinggap pada kertas akan terperangkap dan tidak bisa lepas.

Cara menggunakan perangkap ini adalah dengan menggantungkannya di sekitar daun tanaman. Namun demikian, perangkap ini memiliki kelemahan, yakni hanya bisa menjaring kutu putih dewasa.

Adapun kutu putih muda atau yang belum bersayap tetap saja tinggal pada daun tanaman dan dapat merusak daun.

Untuk membasmi kutu putih muda, Anda bisa menggunakan selang tanam untuk menyemprot kutu putih muda yang menempel pada daun.

Cara mudah membasmi hama kutu putih pada tanaman yang terakhir adalah dengan mencabut daun-daun yang terserang kutu putih untuk menekan penyebaran hama.

Namun, cara ini lebih disarankan bila serangan hama pada daun sudah berakibat cukup fatal, seperti warna daun yang berubah menjadi kuning ataupun muncul bintik-bintik pada daun.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/09/074600476/cara-membasmi-kutu-putih-pada-tanaman-cabai-secara-alami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke