Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memilih Pencahayaan di Rumah untuk Memperoleh Tidur Berkualitas

Padahal, memperoleh tidur malam yang berkualitas sangat penting untuk kesehatan dan kehidupan. Untungnya, ada banyak cara memperoleh tidur malam berkualitas. 

Kabar baiknya, bagaimana kita menerangi rumah—terutama kamar tidur—dapat membantu mengoptimalkan siklus tidur. 

Pencahayaan dapat berperan membantu mendapatkan istirahat terbaik. Jenis pencahayaan, waktu, dan warna cahaya memiliki efek signifikan pada jam internal tubuh Anda.

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Rabu (27/4/2022), American Lighting Association akan membantu Anda melengkapi kamar tidur dengan pencahayaan yang dapat merangsang tidur. 

Baik cahaya alami maupun buatan dapat membantu mengatur dan mengganggu jadwal tidur. Siklus tidur dan bangun tubuh Anda, yang disebut ritme sirkadian, dapat terganggu ketika Anda menyerap terlalu banyak jenis cahaya yang salah.

Pada siang hari, sinar matahari memancarkan cahaya biru-putih terang yang membuat Anda merasa waspada dan terjaga.

Itu karena jenis cahaya ini bekerja menekan melatonin—hormon di otak yang membantu tidur. Saat malam tiba, kadar melatonin tubuh secara alami mulai meningkat sehingga membantu Anda bersantai sebelum tidur.

Namun, jika cahaya buatan di rumah terus meniru cahaya alami, bahkan setelah matahari terbenam, jam tidur internal Anda bisa keluar jalur atau terganggu. 

Tips memilih pencahayaan rumah untuk tidur berkualitas 

Meski bohlam lampu LED, yang memancarkan cahaya berwarna biru seperti matahari, adalah pilihan alami (dan hemat energi) untuk penggunaan siang hari, penting beralih ke cahaya redup dan hangat pada malam hari.

Pasangkan perlengkapan lampu di kamar tidur dengan bohlam warna kuning. Carilah bohlam lampu yang memiliki suhu cahaya sekitar 2400-3000 derajat Kelvin.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan lampu LED yang dapat diredupkan dan berubah warna di seluruh rumah serta menyesuaikan suhu lampu seiring berjalannya hari.

Jika menggunakan pencahayaan cerdas, Anda dapat menyesuaikan pengaturan malam hari yang mengotomatiskan proses istirahat malam. 

Selain lampu samping tempat tidur dan perlengkapan overhead, pertimbangkan lampu malam untuk tidur yang lebih baik. Pilih lampu yang memiliki bohlam kuning, yang paling tidak mengganggu tidur malam.

Dengan ide-ide pencahayaan rumah dan kamar tidur ini, tidur malam yang nyenyak hanya dengan sekedipan lampu. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/27/174000576/tips-memilih-pencahayaan-di-rumah-untuk-memperoleh-tidur-berkualitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke