Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Menggunakan Jendela Besar di Rumah Kecil

Akan tetapi, mengapa harus jendela berukuran besar? Apakah rumah berukuran kecil tidak bisa menggunakan jendela kecil atau standar?

Mima Anisakusuma, pemilik akun Instagram @homuliving dan founder Artsy Living & Style, menjelaskan, salah satu hal paling penting adalah kebutuhan sumber cahaya yang signifikan.

Meski ada pencahayaan artifisial dari lampu, cahaya alami jauh lebih penting. Maka itu, penting menggunakan jendela besar. 

Dengan menggunakan jendela besar, tentunya jumlah cahaya matahari yang masuk akan semakin banyak. Ditambah, sirkulasi udara akan lebih baik, anggota keluarga bisa bernapas lega, dan tidak perlu menggunakan AC atau kipas angin untuk menikmati udara segar. 

“Jendela besar tidak membuat rumah terlalu terasa gerah. Selain cahaya masuk, sirkulasi udara menjadi lebih baik,” ujarnya dalam pertemuan media secara virtual bertajuk “Virtual Media Briefing: Maximizing Your Tiny House into a Bigger Space” bersama in-Lite LED, Senin (18/4/2022).

Jika ingin merenovasi rumah, Mima menyarankan memprioritaskan jendela terlebih dulu. Gantilah ke jendela yang ukurannya lebih besar dari sebelumnya.

Bisa pakai plafon kaca

Terkait dengan sumber pencahayaan alami, Mima mengatakan bisa menghadirkan plafon kaca berkonsep semi-open. Artinya, plafon suatu ruangan tidak harus sepenuhnya tertutup, tetapi ada area yang menggunakan plafon kaca.

Cara ini dapat membantu rumah kecil terasa lebih besar dan lebar jika dikombinasikan dengan penggunakan jendela besar.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/18/230000776/manfaat-menggunakan-jendela-besar-di-rumah-kecil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke