Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau pada Tungku Kompor Gas

Selain membuat kotor, sisa makanan yang tidak segera dibersihkan dari tungku kompor gas bisa menimbulkan bau tak sedap, bahkan menyebabkan kebakaran 

Lantas, kapan harus membersihkan tungku kompor gas dan menghilangkan bau tidak sedap tersebut? 

Dikutip dari The Spruce, Rabu (6/4/2022), membersihkan tungku kompor gas sebaiknya dilakukan setiap kali selesai digunakan, tentunya saat suhunya sudah mendingin.

Namun, ini hanya dilakukan jika keadaan benar-benar kacau dan jumlah makanan yang terciprat ke tungku cukup banyak. 

Apabila cipratannya sedikit, bahkan tidak ada cipratan sama sekali, membersihkan tungku kompor gas dapat dilakukan setiap minggu guna mencegah penumpukan kotoran. 

Untuk menghilangkan bau tidak sedap sekaligus membersihkan tungku kompor gas, siapkan mangkuk atau ember, sikat nilon berbulu kaku, plastic wrap, dan kain mikrofiber atau kain bersih lainnya.

Kemudian sabun cuci piring dengan degreaser, baking soda, air perasan lemon, minyak sayur, serta tisu dapur. 

  • Tungku kompor gas cor berlapis porselen

Sebelum mulai membersihkan, perlu dicatat bahwa cara ini hanya untuk tungku kompor yang lapisan porselennya tidak terkelupas. 

Jika terkelupas dan besi cor dasarnya terbuka, jangan rendam di dalam air karena cor akan berkarat. 

Langkah pertama adalah campurkan satu sendok sabun cuci piring ke dalam mangkuk atau ember berisi air panas, aduk hingga menjadi air sabun.

Setelah itu, lepaskan tungku kompor gas dan rendam di dalam air sabun panas selama 10 menit. Selama proses perendaman, partikel makanan yang menempel akan terlepas. Gunakan sikat untuk membersihkan sisa makanan yang masih menempel

Selanjutnya, rendam kembali tungku kompor gas dalam air panas yang bersih. Keringkan dengan kain hingga benar-benar mengering sebelum dipasang kembali di atas kompor.

Residu makanan yang sulit dibersihkan

Selanjutnya, bilas pasta hingga benar-benar bersih dan keringkan dengan kain sampai benar-benar mengering. 

  • Tungku kompor gas cor non-porselen

Untuk tungku jenis ini, campurkan dua cangkir air panas dan secangkir detergen ke dalam mangkuk atau ember. Celupkan sikat ke dalam air tersebut dan gosok jeruji tungku.

Jika ada sisa makanan yang sulit dibersihkan, taburkan baking soda untuk bertindak sebagai abrasif ringan. Terus gosok hingga semua kotoran menghilang.

Setelah tungku kompor bersih kembali, bilas dengan air panas dan langsung keringkan dengan kain serta berikan beberapa tes minyak sayuran kembali pada besi cornya dengan menuangkannya di atas tisu dapur.

Gunakan tisu tersebut untuk melapisi setiap permukaan tungku dengan lapisan minyak yang sangat tipis. Taruh tungku kompor di atas loyang dan panaskan di dalam oven pada suhu 232 derajat Celsius selama satu jam.

Setelah itu, biarkan tungku dingin di dalam oven. Adapun proses ini untuk membumbui besi cor dan mencegah karat. Jika tungku sudah dingin, letakkan kembali di atas kompor.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/06/223000076/cara-membersihkan-dan-menghilangkan-bau-pada-tungku-kompor-gas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke