Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Alasan Mengapa AC Harus Rutin Diservis

JAKARTA, KOMPAS.com - AC menjadi alat elektronik yang sering digunakan oleh banyak orang setiap harinya. Untuk bekerja dengan maksimal dan efektif, AC harus diperhatikan perawatannya, salah satunya servis atau perbaikan AC secara rutin.

Sayangnya, kegiatan servis AC ini sering diabaikan. Padahal, dilansir Mr Right, Jumat (1/4/2022), melewatkan perbaikan AC atau jika AC tidak dirawat dengan baik, maka akan mengakibatkan masalah serius yang memerlukan perbaikan besar.

Berikut alasan mengapa Anda harus melakukan perbaikan atau servis AC secara rutin. 

Dengan demikian, setelah servis AC, semua bakteri dan kotoran akan hilang secara efektif, hanya sirkulasi udara bersih di sekitar ruangan Anda.

2. Udara lebih bersih

Apakah Anda ingin udara segar di dalam rumah? Dengan melakukan servis AC secara berkala, Anda dapat memastikan filter AC dan keseluruhan unitnya bersih.

Ini akan memastikan bahwa Anda terus-menerus menghirup udara bersih yang bebas dari debu, bakteri, dan polutan. Ini juga akan mengurangi kotoran, debu, dan bakteri yang menumpuk di AC.

3. Memperpanjang masa pakai AC 

Unit AC mirip dengan kebanyakan peralatan elektronik lainnya  di mana servis diperlukan untuk memastikan AC bekerja dalam kondisi terbaik. Unit AC yang mahal tidak ada gunanya jika Anda gagal merawatnya dengan benar.

Teknisi servis yang berkualifikasi akan membantu memeriksa semua suku cadang dan memastikannya bersih.


Dengan demikian, ini tidak hanya akan memastikan bahwa AC bekerja dalam kondisi terbaik, tetapi juga akan memperpanjang umur unit dalam jangka panjang.

4. Mengurangi risiko AC rusak

Sangat penting untuk AC diservis secara teratur untuk mencegah kerusakan besar atau masalah malfungsi.

5. Hemat biaya dalam jangka panjang

Jika Anda berpikir bahwa biaya servis AC itu mahal, tagihan listrik dan perbaikan mungkin akan lebih tinggi dalam jangka panjang.

AC tanpa perawatan rutin dapat menyedot biaya lebih seperti tagihan listrik yang lebih tinggi, serta biaya perbaikan yang tinggi jika ada perbaikan besar yang diperlukan karena perawatan yang buruk.

Masalah kecil yang tidak disadari pada akhirnya dapat menyebabkan masalah besar yang mengarah pada masalah kerusakan atau malfungsi.

Dengan AC yang tidak berfungsi atau efisiensi pendinginan yang berkurang,  tagihan listrik Anda meningkat.

6. Mencegah penggantian mahal 

Selain tagihan listrik atau perbaikan yang tinggi, mesin yang tidak dirawat dengan baik dapat menghadapi banyak masalah yang mungkin memerlukan penggantian yang mahal.

Oleh karena itu, Anda harus selalu melakukan servis AC, sehingga Anda dapat menghemat biaya tersebut serta mendapatkan udara yang sejuk. Ini juga akan membantu unit Anda bertahan lebih lama, dalam beberapa kasus, dapat bertahan hingga 8 hingga 10 tahun.

7. Memastikan AC tetap dingin

Ketika AC tidak berfungsi, itu tidak hanya akan menghasilkan biaya perbaikan yang mahal, tetapi itu berarti Anda tidak dapat menikmati udara dingin selama periode panas itu.

8. Ramah lingkungan 

Ketika AC Anda menghadapi masalah seperti kebocoran refrigeran, itu akan melepaskan HFC, atau gas rumah kaca buatan manusia. Semua itu adalah gas berbahaya bagi lingkungan, mendorong pemanasan global.

Teknisi dapat membantu mendaur ulang gas tersebut dari mesin, tetapi tidak semua melakukannya.

Namun, dalam banyak kasus, orang tidak menyadari bahwa mereka menghadapi kebocoran refrigeran jika mereka tidak melakukan servis AC secara teratur.

9. Menghilangkan bau di udara

Terkadang unit AC mengeluarkan bau busuk di rumah. Hal ini sering disebabkan oleh jamur, bakteri, dan kotoran yang menumpuk di unit AC.

Jika Anda pernah mencium bau tidak sedap yang keluar dari unit AC, Anda harus segera menghubungi perusahaan jasa untuk memeriksa kondisi unit AC dan menghilangkan baunya.

10. Bisa mendapatkan garansi

Produsen yang berbeda memiliki kondisi garansi yang berbeda pula. Namun, beberapa mengharuskan pengguna untuk melakukan servis AC secara teratur untuk menjaga unit dalam kondisi kerja yang baik.

Sebaiknya, Anda perlu memeriksa semua kondisi yang disebutkan dalam jaminan garansi atau menyervis AC Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/01/155700576/10-alasan-mengapa-ac-harus-rutin-diservis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke