Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Melembapkan Udara di Rumah Tanpa Humidifier

JAKARTA, KOMPAS.com- Jika kamu memiliki rumah yang cenderung kering, terutama pada musim dingin dan musim panas mungkin kamu akan memerlukan humidifier.

Humidifier bermanfaat untuk menjaga kelembaban udara di rumah sehingga udara menjadi lebih sehat dan tidak kering.

Udara yang kering kurang baik bagi kesehatan. Selain membuat kulit kering dan iritasi, udara kering juga dapat mengganggu pernapasan terutama pada bayi.

Melansir dari HGTV, Minggu (27/2/2022),kamu tidak perlu khawatir jika kamu tidak memiliki humidifier di rumah, karena kamu bisa mencoba beberapa cara dibawah ini agar udara rumah tetap lembab.

Gunakan tanaman hias

Transpirasi adalah proses di mana uap air menguap dari daun dan batang tanaman, menambahkan kelembaban yang sangat dibutuhkan ke udara di rumah.

Rumah yang kering mungkin akan membuat tanaman sulit tumbuh, untuk itu pastikan untuk menyiramnya dengan rutin agar kelembaban tetap terjaga.

Letakkan vas bunga di area yang cerah

Salah satu cara termudah untuk membuat ruangan lebih lembab adalah dengan memanfaatkan vas bunga.

Letakkan vas bunga di ambang jendela yang cerah dan terkena sinar matahari. Sinar matahari perlahan akan menguapkan air, dan melepaskan uap air ke udara.

Masak menggunakan kompor

Siapa sangka ternyata kegiatan memasak juga membuat udara di rumah menjadi lebih lembab. Alih-alih menggunakan microwave, kamu bisa menghangatkan makanan ataupun memasak air menggunakan kompor gas sehingga uap air dapat melembabkan ruangan.

Saat mandi terutama dengan air hangat, kamar mandi akan mengeluarkan uap. Dengan membiarkan pintu terbuka, kamu akan melepaskan uap air ke udara di rumah sehingga membuat rumah menjadi lebih lembab.

Jika kamu mandi dengan menggunakan bathtub, jangan langsung menguras bathtub sesaat setelah mandi. Manfaatkan sisa uap dari air hangat ,lalu tunggu hingga dingin.

Letakkan mangkuk air pada radiator

Jika kamu memiliki register panas atau radiator di rumah, letakkan mangkuk stainless atau keramik berisi air di dekatnya untuk mendorong kelembaban. Pada musim dingin biasanya air akan lebih cepat menguap.

Keringkan pakaian di rak

Untuk membuat ruangan lebih lembab, keringkan pakaian secara manual di area ruangan ataupun balkon dalam rumah.

Memang pakaian akan kering lebih lama, namun ini adalah cara yang efektif untuk menambahkan kelembaban di rumah.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/27/210100076/6-cara-melembapkan-udara-di-rumah-tanpa-humidifier

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke