Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah Tua Bekas

Namun, saat membeli rumah tua bekas, terlebih kondisinya apa adanya, terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan.

Sebab, rumah tua bekas biasanya memiliki ragam permasalahan yang dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan penghuni rumah nantinya.

Dilansir dari Beauty Harmony Life, Senin (31/1/2022), berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebagai pembeli ketika membeli rumah tua bekas yang apa adanya.

Jamur dan lumut benar-benar menghancurkan kayu struktural, juga mengorbankan integritas seluruh bangunan.

Atap yang bocor atau rusak dapat menyebabkan kelembapan masuk ke dalam rumah, sehingga menyebabkan pertumbuhan jamur dan lumut.

Permasalahan ini dapat menghancurkan plafon atau lantai atas rumah, bahkan dapat menyebabkan kemungkinan runtuh di masa depan.

Infestasi rayap

Rayap adalah serangga kecil yang benar-benar memakan kayu. Mereka dapat menghancurkan struktur kayu yang pada akhirnya menghadirkan kerusakan seutuhnya.

Sistem tangki septik (septic tank) di rumah tua bekas bisa saja sudah tidak lagi berfungsi dengan baik atau mengalami kerusakan.

Jika kamu tidak mau terhubung ke sistem saluran pembuangan yang bermasalah, penggunaan sistem tangki septik terbaru sudah pasti dibutuhkan.

Penggunaan asbes

Asbes merupakan material bangunan yang tidak lagi direkomendasikan karena memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Paparan asbes terbukti menyebabkan penyakit berbahaya, meliputi asbestosis (penyakit pernapasan serius), kanker paru-paru, dan mesothelioma (bentuk kanker langka yang terjadi di lapisan selaput tipis paru-paru, dada, perut, dan jantung).

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/31/105500276/5-hal-yang-harus-diperhatikan-saat-membeli-rumah-tua-bekas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke