Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Mendapatkan Pencahayaan Terbaik untuk Setiap Ruangan di Rumah

Pastinya, kamu tidak ingin beraktivitas di ruangan yang terlalu gelap atau tidur dengan lampu tidur yang terlalu terang. Lantas, bagaimana mendapatkan pencahayan terbaik di setiap ruangan?

Melansir dari Apartment Therapy, Jumat (28/1/2022), berikut tips mendapatkan pencahayaan terbaik untuk setiap ruangan di rumah.

Pertama, general lighting untuk menerangi ruangan secara keseluruhan. Kedua, specific lighting yang dikhususkan untuk area tertentu  seperti lampu meja.

Ketiga, ambient lighting yang menyediakan pencahayaan secara umum, tapi juga meningkatkan nuansa kehangatan dan kedalaman pada suatu ruangan seperti lilin.

  • Maksimalkan cahaya alami

Selanjutnya, memanfaatkan cahaya alami. Caranya, kamu hanya perlu menjaga agar kaca jendela tetap bersih.

  • Padupadankan lampu dengan permukaan reflektif

Guna memaksimalkan pencahayaan, padupadankan lampu dengan permukaan reflektif seperti cermin, lantai mengkilap, dan lapisan logam pada furnitur agar cahaya dapat dipantulkan. 

Pencahayaan yang tepat untuk dapur sangatlah penting. Jika tidak, pengalaman memasak akan terasa kurang menyenangkan.

  • Pencahayaan dari bawah lemari kabinet

Pencahayaan dari bawah lemari kabinet sangat berguna. Mereka dapat menerangkan meja dapur sembari kamu bekerja dan dimatikan jika tidak sedang digunakan lagi. 

  • Terangkan sudut-sudut gelap

Apabila memiliki sudut-sudut yang dipenuhi rak atau lemari penyimpanan bumbu dapur, terangi dengan lampu.

  • Pasang lampu pendant di atas permukaan meja dapur

Untuk area wastafel, meja dapur kecil (island), dan area makan, pasang lampu gantung jenis pendant untuk membantu menerangkan kitchen work triangle.

Kitchen work triangle adalah sistem seseorang dapat bergerak dengan mudah cepat dari dan menuju wastafel, kompor, dan kulkas karena ketiganya diletakkan secara strategis.

Lampu meja dengan cahaya hangat juga dapat membantu. Kamu pun akan lebih mudah untuk mematikan atau menyalakannya tanpa harus beranjak dari kasur.

Ruang tamu

Umumnya, ruang tamu digunakan sebagai tempat berkumpul anggota keluarga serta tamu yang berkunjung.

Beragam aktivitas kerap dilakukan di sini, dari menonton TV, memainkan permainan seru, hingga sekadar berbincang. Pencahayaan yang tepat akan semakin mendukung suasana ini.

  • Taruh lampu dengan bentuk yang menarik

Lampu dengan bentuk menarik—lampu pendant yang ukurannya lebih besar dari lampu lain atau lampu lantai dengan bentuk tiang yang unik—dapat dijadikan sebagai titik fokus dalam ruang tamu sekaligus meneranginya.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa coba memasang lampu gantung chandelier—meski lampu jenis ini umumnya ditaruh di ruang makan.

  • Tambahkan fitur redup

Saat memasang lampu gantung, tambahkan fitur yang memungkinkan cahaya untuk diredupkan. Dengan demikian, kamu dapat mengubah pencahayaan sesuai dengan suasana ruangan.

  • Terangi sudut-sudut gelap

Meski sudah diterangi sedemikian rupa, mungkin ruang tamu tetap akan memiliki sudut yang gelap. Untuk itu, terangi sudut gelap dengan lampu bercahaya halus. 

Kamar mandi

Meski hanya digunakan untuk mandi, membbuang air besar atau kecil, dan menyikat gigi, kamar mandi tetap memerlukan pencahayaan yang tepat.

Pasang lampu di sekitar cermin untuk memudahkan kamu berdandan pada pagi hari. Pencahayaan yang datang dari arah plafon dapat menampilkan bayangan yang aneh terhadap wajah.

Selanjutnya, taruh lampu yang cahayanya dapat mengimitasi cahaya pada siang hari. Jika gemar berdandan, kamu dapat memanfaatkannya untuk melihat seperti apa tampilan riasan di luar rumah.

Lilin juga dapat ditaruh di kamar mandi untuk menghadirkan suasana nyaman, khususnya jika kamu gemar berendam di bathtub.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/28/230500976/tips-mendapatkan-pencahayaan-terbaik-untuk-setiap-ruangan-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke