Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Freezer agar Tidak Bau dan Bebas Bunga Es

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama seperti kompartemen utama kulkas atau lemari es, freezer juga harus diperhatikan kebersihannya. Ada banyak manfaat yang diperoleh dari rutin membersihkan freezer.

Dilansir dari Real Homes, pertama, menghilangkan bunga es yang berlebih pada freezer akan menciptakan ruang berharga untuk makanan siap saji, dan sayuran beku yang akan menghemat waktu di dapur.

Kedua, akan menciptakan ruang freezer yang lebih bersih dan tersanitasi yang cukup vital di dapur.

Selain itu, Anda juga dapat menghemat energi dan biaya belanja, karena Anda dapat mengecek isi freezer dengan benar.

Lebih penting lagi, rutin membersihkan freezer akan mengurangi risiko kerusakan, yang bisa memakan biaya.

Yang terpenting, membersihkan freezer tidak akan memakan waktu, karena dari awal hingga akhir, prosesnya akan memakan waktu kurang dari satu jam.

Seberapa sering harus membersihkan freezer?

Frezer kulkas sangat penting untuk cara kita hidup dan makan, menyimpan bahan makanan kita sampai kita membutuhkannya, kata Nick Bevan, kepala manajemen produk untuk peralatan digital di Samsung Electronics.

Menurut Bevan, freezer sering dilupakan, terutama dalam hal pembersihan. Dengan meluangkan waktu untuk membersihkan secara teratur dan menyelesaikan pembersihan menyeluruh setiap bulan, Anda dapat memastikan bahwa Anda menyimpan makanan sebaik mungkin. 

Yang paling penting adalah memastikan makanan aman untuk dimakan. Jadi, memeriksa tanggal penggunaan, tampilan kemasan dan makanan, dan bahan-bahan makanan tidak rusak di freezer adalah bagian dari proses menyeluruh.

Cara membersihkan freezer

Selalu hindari menggunakan produk pembersih yang mengandung bahan kimia abrasif karena dapat menimbulkan korosi atau merusak logam dan plastik, saran Bevan.

Periksa bahan-bahannya dan hindari menggunakan salah satu dari berikut ini di kulkas, yakni Metil Palmitat, Metil Linolat, Metil Ikosanoat, Limonen, tutur dia.

Selain itu, jangan lupa juga untuk membersihkan bagian luar freezer terutama pegangan dan penutup pintu, yang merupakan tempat kuman dapat berkembang biak melalui kontak yang sering dengan tangan.

Bahan dan alat yang diperlukan

  • Cooler box atau kotak pendingin
  • Es batu
  • Cuka putih suling
  • Sabun cuci piring
  • Air panas
  • Botol semprot kosong
  • Dua lembar kain mikrofiber
  • Sikat gigi bekas

1. Keluarkan semua isi freezer

Keluarkan semua bahan makanan yang ada di freezer, tempatkan di kotak pendingin atau cooler box yang sudah dilengkapi dengan es batu.


Luangkan waktu ini untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa, jika sudah lewat, buang ke tempat sampah.

2. Cabut kabel colokan kulkas

Jangan khawatir tentang makanan di dalam kulkas. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), kulkas akan menjaga makanan tetap dingin selama sekitar empat jam jika belum dibuka.

Sementara itu, membersihkan kulkas akan memakan waktu kurang dari separuh waktu tersebut.

3. Buat larutan pembersih

Campurkan perbandingan 1:1 dari cuka putih suling dan air panas ke dalam botol semprot, berhati-hatilah untuk mengisi botol agar tidak melepuh. Ini adalah larutan yang akan digunakan untuk membersihkan freezer.

4. Mulai bersihkan freezer

Semprotkan bagian dalam freezer dengan larutan pembersih yang telah dibuat dan bersihkan dengan kain mikrofiber kering.

Anda mungkin perlu mengulangi langkah ini beberapa kali agar freezer bersih dan bebas dari noda membandel, serta bekas kotoran dan sisa makanan.

5. Bersihkan noda membandel

Untuk tumpahan atau noda yang membandel atau sisa makanan, celupkan sikat gigi bekas ke dalam air panas. Gosok dengan lembut sampai area tersebut bersih dan bersihkan residu dengan kain mikrofiber yang sama.

6. Keringkan bagian dalam freezer


Lap bagian dalam freezer hingga kering dengan kain mikrofiber baru yang bersih, hingga tidak ada larutan berlebih yang tersisa.

7. Bersihkan laci atau rak freezer

Cuci laci atau rak freezer dengan sabun cuci piring. Untuk barang-barang yang lebih kecil seperti baki es, Anda dapat mencuci dengan tangan atau mesin pencuci piring, tetapi periksa panduan produsen untuk memastikan bahwa ini aman untuk mesin pencuci piring dan tidak akan melengkung atau rusak.

8. Pasang kembali dan masukkan makanan

Pasang kembali rak atau laci freezer dan masukkan makanan beku yang sebelumnya dikeluarian. Jika es di freezer sudah mulai mencair, bersihkan cairan dari makanan sebelum mengembalikannya ke freezer.

Ini akan menghentikan pembentukan lapisan es tipis pada kemasan makanan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/25/075000176/cara-membersihkan-freezer-agar-tidak-bau-dan-bebas-bunga-es

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke