Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dampak Buruk Menyalakan AC Terus-menerus pada Kesehatan dan Lingkungan

Dengan menjalankan AC, membuat udara di dalam ruangan lebih sejuk dalam waktu singkat serta dapat memberikan kualitas tidur yang lebih baik. 

Meski membuat udara di dalam ruangan menjadi sejuk, menyalakan AC terus-menerus memiliki dampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan. 

Melansir dari Home and Decor Singapore, Senin (24/1/2022), profesor James Trevelyan, pendiri startup teknologi lingkungan Close Comfort, membagikan dampak buruk AC terhadap kesehatan dan cara memaksimalkan kerja AC di udara panas. 

Sebagian besar permukaan menjadi panas di bawah sinar matahari dan melepaskan panas tersebut pada malam hari. Kebanyakan orang bisa tidur dengan nyaman saat suhu ruangan berada 24 derajat Celsius pada malam hari. 

Namun, panasnya suhu di sekitar bangunan kota yang mencapai 10 derajat Celsius lebih hangat membuat tidur tidak nyaman. 

Karena itu, membuat banyak orang harus menggunakan AC, yang pada gilirannya menyebabkan lebih banyak pemanasan perkotaan. Di sisi lain, tanpa AC sulit mendapatkan udara sejuk. 

AC yang dinyalakan terus-menerus juga bisa menghilangkan kelembapan dari udara sehingga menyebabkan kulit kering, bersisik, dan gatal, iritasi mata, serta kesulitan bernapas. 

Selain itu, ventilasi yang kurang memadai di dalam ruangan ber-AC menyebabkan sakit kepala, iritasi mata, hidung atau tenggorokan, batuk kering, pusing, juga mual.

Untuk mencegah hal itu, Anda harus meningkatkan ventilasi dengan membuka jendela pada pagi hari agar udara baru atau segar masuk ke ruangan untuk bersirkulasi. 

Filter AC menumpuk banyak debu di kamar tidur atau tempat orang banyak bergerak. Karena itu, perlu memeriksa filter AC setelah beberapa minggu agar bebas debu, AC bekerja lebih efisien, serta mengurangi biaya operasional Anda. 

Di samping AC split yang dipasang pada dinding, produsen alat elektronik kini menawarkan jenis AC lainnya seperti AC portabel. 

Lantas, mana yang lebih baik antara AC split dan AC portabel? 

Berbeda dengan AC split, AC portabel dapat menghindari masalah kesehatan tersebut jauh lebih kecil, memiliki bobot lebih ringan, dan lebih mudah dipindahkan.

AC portable bekerja paling baik dengan jendela terbuka sehingga dapat tidur di udara segar alami. Selain itu, jauh lebih tenang dengan tingkat suara yang sama dengan kipas angin listrik serta menghabiskan energi listrik lebih sedikit daripada semua jenis AC split.

Tak hanyai itu, AC portable juga jauh lebih baik untuk lingkungan. Secara signifikan, AC portable mengurangi pemanasan perkotaan dan jejak karbon.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/24/151900076/dampak-buruk-menyalakan-ac-terus-menerus-pada-kesehatan-dan-lingkungan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke