Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Ide Dekorasi Kamar Tidur Pria, Simpel dan Elegan

JAKARTA, KOMPAS.com - Inspirasi dekorasi kamar tidur pria telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir.

Meski sering kali diidentikkan dengan warna tertentu, mendekorasi kamar tidur pria bisa sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai jika benar-benar ingin mendekorasi ruangan dari awal.

Staffan dan Monique Tollgård, dari Tollgård Design Group, mengatakan, kamar tidur maskulin sering kali dimasukkan ke dalam stereotip bujangan yang penuh dengan nuansa enerjik.

"Sementara estetika ini memiliki daya tarik tersendiri, ada generasi baru pria yang tertarik dengan desain elegan dan interior fungsional yang indah. Kamar tidur tidak terkecuali untuk ini," jelas mereka, seperti dikutip dari Homes & Gardens, Kamis (20/1/2022).

Penasihat gaya di Wayfair Nadia McCowan Hill, mengatakan, untuk menerapkan gaya maskulin yang santai di kamar tidur, amankan hal-hal penting terlebih dahulu.

"Investasikan pada siluet berkualitas tinggi yang tak lekang oleh waktu untuk rangka tempat tidur dan lemari pakaian Anda, dan sisanya akan mengikuti," tutur dia.

Berikut beberapa ide dekorasi kamar tidur pria yang dapat menjadi inspirasi Anda.

1. Pilih warna gelap untuk skema dramatis

Jangan takut untuk memilih desain yang Anda sukai, terutama jika Anda menyukai kamar tidur yang gelap. Namun demikian, pastikan pencahayaannya bagus.

"Secara tradisional, pilihan dekorasi kamar tidur pria sangat terbatas pada pilihan monokrom atau klasik, tetapi di Rockett St George kami sangat yakin bahwa sebuah ruangan harus mencerminkan Anda dan gaya unik Anda, bukan jenis kelamin Anda," jelas Lucy St George, salah satu pendiri Rockett St George.


St George menyarankan, mulailah dengan warna dinding atau pola wallpaper yang Anda sukai dan kemudian bangun skema tersebut dengan aksesori dan perabotan lembut untuk nuansa warna pelengkap.

"Jika Anda kekurangan ruang atau ingin mendapatkan tampilan minimalis, saya sarankan berinvestasi di lampu dinding dan meja samping tempat tidur mengambang yang akan membuat lantai Anda bersih dan menciptakan ilusi lebih banyak ruang," terang dia.

2. Furnitur custom untuk solusi penyimpanan bergaya

Apakah Anda punya koleksi sepatu kets yang sedang berkembang untuk disimpan? Lemari yang tidak bisa menampung semua pakaian?

Anda perlu memikirkan ide penyimpanan kamar tidur yang dibuat khusus atau custom.

Louise Wicksteed, direktur desain Sims Hilditch, mengatakan, adalah kesalahpahaman umum untuk berasumsi bahwa pria membutuhkan lebih sedikit ruang penyimpanan daripada wanita di kamar tidur.

"Memasang lemari custom adalah ide bagus untuk memaksimalkan ruang yang tersedia. Lemari pakaian walk-in dengan kompartemen untuk membantu menjaga sepatu dan dasi tetap teratur dan rel yang dirancang cukup tinggi untuk menggantung pakaian bekerja dengan baik," ucap Wicksteed.

3. Tambahkan efek dramatis ke kamar tidur warna netral dengan nuansa abu-abu

Ide kamar tidur abu-abu menjadi dasar yang bagus untuk kamar tidur pria.

"Perhatikan palet warna netral saat memulai sehingga Anda dapat menggunakan aksesori yang sesuai dengan warna klasik dan moody seperti biru tengah malam dan warna arang yang dalam," ucap McCowan Hill.

4. Gunakan karpet besar untuk menambah kehangatan

Aksesori dan tekstil menambah kesan nyaman. Anda dapat mulai dari lantai untuk memastikan skema ruangan kohesif.


"Letakkan karpet di lantai kayu untuk kehangatan ekstra dan warna pop yang halus," saran McCowan Hill.

5. Memasang karya seni

Karya seni bukan hanya cara untuk menambahkan warna pada ruangan, tetapi juga dapat mencerminkan selera dan minat Anda.

"Jangan takut untuk menambahkan beberapa kepribadian. Karya seni adalah cara yang bagus untuk memamerkan gaya Anda, dengan poster film berbingkai, seni dinding geometris yang berani atau foto hitam putih selalu menjadi pilihan utama," sebut McCowan Hill.

6. Gunakan finishing logam untuk sentuhan kemewahan

'Untuk sentuhan mewah, pilih finishung seperti hitam matte, kuningan atau tembaga. Pikirkan rak buku industrial dan pencahayaan bergaya vintage," ungkap McCowan Hill.

Ia menuturkan, Anda juga dapat memasangkan dengan elemen kayu untuk kontras yang menarik.

7. Bawa nuansa alam

Desain biofilik, memanfaatkan kualitas alam yang menenangkan, sangat efektif di kamar tidur.

"Tanaman membuat perbedaan besar di sebuah ruangan. Anda benar-benar tidak bisa salah dengan pohon ara daun biola, yucca atau beberapa sukulen," jelas McCowan Hill.

Jika Anda merasa tidak mampu merawat tanaman hidup, Anda bisa menggunakan tanaman palsu.

Ide kamar tidur warna hijau juga sedang tren, warna ini menambah suasana tenang. Warna hijau tua yang kaya adalah ide kamar tidur pria yang sempurna.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/20/082400476/7-ide-dekorasi-kamar-tidur-pria-simpel-dan-elegan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke