Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waktu Terbaik Merepotting Tanaman Monstera dan Cara Melakukannya

Namun, apakah musim panas menjadi waktu tepat untuk merepotting atau memindahkan tanaman ke pot baru? 

Melansir Garden for Indoor, Jumat (14/1/2022), musim panas menjadi waktu tepat untuk merepotting tanaman monstera varietas apa pun.

Proses repotting ternyata merupakan bagian esensial dalam perawatan tanaman monstera dan sebaiknya melakukan pada musim panas.

Namun, tetap memperhatikan tingkat kelembapan di udara. Pilih hari saat ada sedikit kelembapan untuk mengurangi dampak pada akar dan meningkatkan peluang agar tanaman monstera cepat pulih.

Repotting tanaman monstera saat hari sedang panas dan membilas akar monstera dengan air panas dapat mengurangi rasa kaget pada akar.

Selain itu, simpan tanaman monstera di tempat hangat dan lembap selama proses penyembuhan akar. Meski repotting tanaman monstera disarankan pada musim panas, Anda bisa melakukannya bila tanaman sudah sakit atau kelebihan air. 

Amankah merepotting tanaman monstera?

Hampir semua yang dibutuhkan tanaman monstera untuk tumbuh terkandung di dalam potnya. Media tanam perlu menyediakan semua nutrisi, air yang sesuai, dan lokasi yang aman.

Monstera memakan nutrisi dari tanah dengan setiap daun dan tunas baru. Jadi, pertumbuhannya akan terhambat jika tidak ada kesuburan.

Setiap tahun, tanaman monstera muda butuh tanah baru, sedangkan tanaman monstera yang sudah dewasa hanya membutuhkan tanah baru setiap dua atau tiga tahun. 

Cuaca yang hangat merupakan waktu ideal bagi monstera untuk repotting. Menyediakan apa yang dibutuhkan dengan tepat akan menghasilkan pertumbuhan yang subur.

Ketika tanaman monstera terlalu banyak air, akan sering memerlukan repotting guna menghilangkan tanah yang tergenang air.

Ditambah lagi, repotting juga diperlukan untuk menghindari potensi akar busuk dan penyakit jamur lainnya. Menghilangkan media tanam yang terinfeksi sangat penting memulihkan tanaman. 

Jika ingin repotting tanaman monstera dengan aman, ada beberapa langkah yang dapat diikuti sebagai berikut:

Jika tanaman monstera berukuran sangat besar seperti Monstera deliciosa, proses repotting akan menjadi sebuah tantangan.

Dasar-dasar proses repotting tetap sama. Namun, kamu memerlukan tiang lumut tambahan atau ekstensi pasak untuk menopang berat dan ukuran tanaman.

Sebab, mereka adalah tanaman merambat sehingga dapat patah pada bagian pangkal tanaman jika tidak memiliki penopang yang cukup kuat.

Sementara untuk ukuran pot baru, pastikan mereka lebih lebar lima sampai tujuh sentimeter pada bagian atasnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/14/195500476/waktu-terbaik-merepotting-tanaman-monstera-dan-cara-melakukannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke