Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui, Ini Arti di Balik Setiap Warna Bunga Mawar

JAKARTA, KOMPAS.com – Mawar merupakan bunga paling populer di dunia dan favorit banyak orang. Ada banyak warna yang dimiliki bunga berduri ini, dari merah, putih, pink, soft pink, oranye, biru, hingga perpaduan pink dan oranye. 

Setiap warna bunga mawar ini memiliki arti tersendiri. Melansir House Beautiful, berikut arti di balik masing-masing warna bunga mawar.

1. Bunga mawar merah marun

Bunga mawar berwarna merah marun atau merah tua atau merah manggis melambangkan kasih sayang dan keindahan. Warna ini menyimbolkan kesetiaan, cinta, serta keindahan abadi. 

Mawar merah marun terasa lebih berkelas dan membumi dibanding merah terang klasik.

Mawar merah marun memberi kesan kehangatan dan keseriusan tersendiri serta cocok dijadikan sebagai pilihan untuk mengekspresikan rasa kasih sayang dan kesetiaan.

2. Mawar merah

Mawar merah sering diberikan pada hari kasih sayang atau valentine’s day karena menandakan rasa cinta, komitmen, romansa, rasa hormat, dan gairah. 

Mawar merah juga sering diasosiasikan sebagai tanda bahwa orang yang memberikan bunga tersebut sangat menyayangi si penerima bunga.

Tidak jarang, bunga mawar merah kerap muncul dalam adegan-adegan romantis film layar lebar. 

3. Hot pink

Warna hot pink atau merah muda terang memadukan gairah dewasa yang terdapat pada warna merah terang serta kesederhanaan pada merah muda. 


Mawar hot pink melambangkan gairah muda, karakteristik yang manis, kegembiraan, godaan, dan kreativitas.

4. Pink pucat

Mawar pink pucat merupakan warna yang membangkitkan keanggunan yang lembut dan kebaikan hati.

Warna ini dikenal romantis meski tidak terang-terangan seperti warna merah. Mawar pink pucat kurang periang seperti warna merah muda lainnya yang lebih cerah.

Mawar pink pucat memiliki warna yang lebih kalem sehingga melambangkan rasa manis, damai, juga kelembutan. 

5. Biru

Bunga mawar biru tidak benar-benar ada di alam. Kendati demikian, hal ini tidak menghentikan manusia untuk menciptakannya. 

Warna biru pada mawar melambangkan misteri, komitmen, ketenangan, ketahanan, kekuatan, kelangkaan, dan keunikan.

6. Lavender

Mawar dengan warna lavender masih memiliki campuran pigmen biru sehingga membawa beberapa simbolisme yang masih berkaitan dengan warna biru.

Bunga mawar berwarna lavender memiliki makna terpesona, ajaib, keagungan, keunikan, kebijaksanaan, dan misteri. Bunga ini cocok untuk mereka yang baru memulai hubungan asmara. 

7. Mawar putih

Mawar putih dengan rona hangat yang dasar warnanya mengarah ke merah muda atau hijau melambangkan kepolosan, kemurnian, keanggunan, dan spiritualitas.

Sementara mawar putih dengan rona sejuk atau krem yang dasar warnanya adalah kuning mentega melambangkan awal baru, pertumbuhan, dan kedamaian. 

Umumnya, mawar putih dengan rona sejuk dapat ditemukan dalam acara pernikahan, tapi juga cukup umum ditemukan pada momen ketika hidup sedang muram.

8. Mawar perpaduan oranye dan merah 

Mawar dengan kombinasi oranye dan merah muda, oranye dan merah atau coral, serta warna buah persik atau peach sering dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat profesional dan tidak mesra.

Pilihan warna-warna tersebut cocok  dimasukkan ke karangan bunga untuk ucapan terima kasih atau hubungan yang sedang berkembang. 

Sebab, tiga pilihan warna itu merupakan warna transisi yang memberikan energi. Tiga warna ini melambangkan kehangatan, dukungan, kesetiaan, dan antusiasme.

9. Mawar kuning

Secara historis, kuning memiliki konotasi buruk. Kecemburuan kerap kali diasosiasikan dengan warna itu.

Namun, kuning kini dianggap lebih baik karena memancarkan kehangatan dan keceriaan. Mawar kuning juga menyimbolkan persahabatan, masa muda, juga energi.

Mawar kuning dapat terlihat cukup segar dan mewah jika dipasangkan dengan bunga berwarna biru seperti anggrek atau baby’s breath (Gypsophila).

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/05/213500076/ketahui-ini-arti-di-balik-setiap-warna-bunga-mawar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke