Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengatasi Busuk Akar dan Batang pada Tanaman Kaktus

Kaktus yang membusuk dapat diselamatkan selama kerusakannya tidak parah. Pastikan untuk mengambil tindakan segera setelah Anda melihat tanda-tanda pembusukan pada tanaman kaktus Anda.

Ingatlah bahwa ini adalah masalah serius yang dapat dengan mudah menyebabkan kematian pada tanaman kaktus.

Pembusukan dapat terjadi pada bagian manapun dari tanaman kaktus, mulai dari ujung hingga akar.

Tapi, Anda tak perlu panik, ada sejumlah sara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Melansir dari Cactus Way pada Minggu (02/01/2021) berikut ini tips mengatasi permasalahan busuk akar pada kaktus.

Tips menyelamatkan tanaman kaktus yang mengalami busuk akar

Setelah tanaman Anda mulai membusuk, hanya ada satu cara untuk menyelamatkannya, singkirkan semua bagian kaktus yang busuk agar tidak menyebar ke bagian kaktus yang lain.

Jika Anda gagal menghilangkan bagian yang busuk, busuk akan terus menyebar, dan dalam waktu singkat, tanaman Anda akan mati. Berikut langkah-langkahnya:

Ketika pembusukan terjadi di dekat ujung tanaman atau di batang tengah, Anda hanya perlu memotong dan membuang bagian yang membusuk menggunakan gunting pangkas atau pisau tajam.

Jika tanaman Anda terluka, pelajari lukanya dengan cermat untuk memastikan tidak ada tanda-tanda busuk batang. Adanya jaringan gelap atau bahkan sedikit perubahan warna oranye bisa menjadi tanda busuk.

Jika Anda melihat tanda-tanda seperti itu, pastikan untuk memotong bagian batang itu sampai Anda tetap memiliki jaringan yang sehat.

Setelah Anda menyingkirkan semua area yang membusuk, pertimbangkan untuk merawat luka dengan belerang bubuk untuk menghindari infeksi dan membantu menyembuhkannya dengan relatif lebih cepat.

Seiring waktu, luka akan menutupi kalus, dan beberapa batang baru akan mulai terbentuk tepat di bawah area yang dipotong.

Putuskan apakah Anda ingin menyimpan semuanya atau tidak. Selama Anda menyediakan kaktus dengan kondisi yang tepat, kaktus akan sembuh total dan tumbuh subur kembali.

2. Menyelamatkan tanaman kaktus dari busuk akar

Busuk akar lebih sulit dideteksi karena terjadi di bawah tanah. Faktanya, ketika tanaman Anda mulai menunjukkan tanda-tanda busuk akar, Anda harus bertindak cepat dan menanamnya kembali untuk memberi kesempatan menyelamatkan tanaman.

Ingatlah bahwa ini hanya akan berhasil jika bagian atas kaktus Anda masih sehat dan hijau. Jika sudah menguning atau menjadi lunak, mungkin akan sedikit terlambat, dan yang harus Anda lakukan hanyalah melupakan tanaman itu dan pergi keluar untuk membeli yang baru.

Dengan asumsi bagian atas tanaman masih sehat, gunakan pisau tajam atau gunting pangkas untuk memotongnya dari akarnya. Pastikan bagian atas Anda tetap dengan tidak memiliki bagian yang terluka. Buang bagian bawah tanaman.

Periksa luka dengan hati-hati untuk memastikan sisa bagian tanaman yang ingin Anda repoting tidak menunjukkan tanda-tanda pembusukan. Jika Anda melihat sedikit warna oranye atau cokelat, potong sampai Anda mendapatkan bagian yang tidak ada tanda-tanda busuk.

Kadang-kadang, Anda mungkin menemukan bahwa pembusukan telah menyebar dari akar ke batang tanaman Anda. Dalam kasus seperti itu, tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk menyelamatkan kaktus Anda.

Meskipun tanaman kaktus menyukai air, terlalu banyak air dapat merusak tanaman Overwatering adalah penyebab utama busuk akar pada tanaman gurun ini. Faktanya, dalam hal perawatan kaktus yang baik, lebih baik kekurangan air daripada kelebihan air.

Juga, pastikan Anda menggunakan ukuran pot yang tepat yang memiliki banyak lubang drainase untuk mengeluarkan kelebihan air selama penyiraman. Campuran pot Anda juga harus berpori untuk mengalirkan kelebihan air dengan cepat.

Jika Anda menanam tanaman kaktus di luar ruangan, pertimbangkan untuk menanamnya langsung di tanah karena Anda tidak dapat mengontrol penyiraman.

Dengan begitu, tanaman sebagian besar akan mengandalkan alam untuk kebutuhan airnya kecuali jika ada kekeringan berkepanjangan di daerah Anda.

Jika Anda masih ragu tentang cara terbaik untuk menyirami tanaman kaktus indoor atau outdoor Anda, pastikan untuk membaca panduan penyiraman kami di sini.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/02/115200176/cara-mengatasi-busuk-akar-dan-batang-pada-tanaman-kaktus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke