Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seberapa Sering Harus Membersihkan Akuarium Ikan Cupang?

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan cupang adalah salah satu ikan hias favorit yang banyak dipelihara di rumah. Ikan cupang digemari karena memiliki warna dan sirip yang indah.

Memelihara ikan cupang di akuarium berarti perlu membersihkan akuarium secara teratur.

Dilansir dari Betta Care Fish Guide, Sabtu (25/12/2021), ada dua hal yang terjadi jika akuarium ikan cupang tidak dibersihkan secara teratur, yaitu penumpukan alga dan volume limbah serta produk sampingan yang terus meningkat di atas dan di bawah lapisan kerikil di dasar akuarium.

Jadi, seberapa sering harus membersihkan akuarium cupang?

Untuk akuarium biasa, yakni yang dilengkapi tanaman, batu, atau benda lain, Anda harus membersihkan seminggu sekali.

Untuk akuarium yang berisi ikan cupang tetapi tidak ada tanaman tambahan dan hanya satu atau dua benda, Anda harus membersihkannya setiap dua minggu sekali.

Jika Anda tidak membersihkan akuarium secara teratur, penumpukan ini pada akhirnya akan membuat ikan cupang sakit, bahkan sakit parah. Juga, jika ikan cupang pernah terluka, air yang tidak bersih dapat memperburuk kerusakan melalui infeksi.

Penting untuk memerhatikan apa yang Anda miliki di akuarium dan ukuran akuarium. Jika Anda menghias akuarium dengan tanaman, batu, kapal tenggelam tiga dimensi yang menarik, dan apa pun, Anda perlu membersihkannya seminggu sekali.

Bahkan, Anda bahkan dapat mempertimbangkan untuk melakukan pembersihan dua kali seminggu sesering mungkin.


Jika akuarium agak kosong, tanpa tanaman dan mungkin satu atau dua hiasan, Anda bisa membersihkannya dua kali sebulan atau sekali setiap dua minggu.

Selama Anda dapat menjaga penumpukan yang dihasilkan dari produk limbah dan pertumbuhan alga di akuarium pada tingkat yang wajar, ikan cupang akan berumur panjang dan bahagia. Tentu saja, jika ikan sakit, rutinitas pembersihan juga perlu bertambah.

Seberapa sering harus membersihkan akuarium ikan cupang dengan filter?

Jika Anda menggunakan filter pada akuarium, harus diasumsikan bahwa Anda juga memiliki ikan tambahan di dalam akuarium.

Sebab, ikan cupang tidak memerlukan filter, dan ikan tambahan berarti produk limbah tambahan, benda tambahan di dalam akuarium, dan kemungkinan tambahan alga.

Filter yang benar-benar bagus akan meminimalkan jumlah pembersihan yang harus Anda lakukan, tetapi Anda tetap harus membersihkannya seminggu sekali jika memungkinkan.

Anda juga harus membuat rutinitas di mana Anda menyedot debu kerikil, membersihkan ganggang, dan mengganti filter seminggu sekali.

Biasanya, dengan akuarium non-filter, Anda perlu melakukan pekerjaan pembersihan yang sangat menyeluruh.

Namun, jika Anda memiliki filter dan melakukan hal-hal yang disebut di atas seminggu sekali, Anda tidak perlu melakukan pembersihan yang dalam dan tahan lama, tetapi mungkin sebulan sekali.

Seberapa sering harus membersihkan akuarium ikan cupang tanpa filter?

Tanpa filter, Anda dapat membersihkan akuarium setiap dua minggu sekali atau lebih. Akan tetapi, itu harus benar-benar bersih, bukan hanya sesuatu yang dapat Anda lakukan dengan cepat.


Jika Anda memiliki banyak hiasan di akuarium, pembersihan harus dilakukan seminggu sekali, yang berarti pembersihan mendalam. Semakin banyak barang yang Anda miliki di akuarium, terutama tanaman ekstra dan objek akuarium ikan tiga dimensi, semakin kotor akuarium tersebut.

Penumpukan alga lebih merupakan masalah di akuarium tanpa filter, serta jumlah limbah dan produk sampingan yang berasal dari ikan cupang dan makanan ikan yang Anda masukkan ke sana secara berkala.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/25/213000576/seberapa-sering-harus-membersihkan-akuarium-ikan-cupang-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke