Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menghilangkan Noda Tumpahan Cat pada Ubin Keramik

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai mengecat dinding, kusen, atau pintu maupun jendela rumah, perhatikan lantai keramik Anda. Apakah ada noda tumpahan cat, sekecil apapun?

Ubin keramik dirancang agar kokoh, dan tahan terhadap pembersih kimia yang cukup keras. Namun, ubin hadir dengan berbagai macam glasir, beberapa di antaranya lebih mudah tergores daripada yang lain.

Jika ubin keramik memiliki lapisan glasir yang keras, Anda dapat menggunakan penghapus cat komersial untuk menghilangkan noda tumpahan cat pada ubin keramik

Akan tetapi, jika ubin keramik di rumah Anda memiliki glasir yang lembut, maka Anda bisa membuat cairan penghapus cat sendiri dengan bahan alami.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Jumat (17/12/2021), berikut cara menghilangkan noda tumpahan cat pada ubin keramik.

1. Produk penghilang cat komersial

Pel lantai keramik agar benar-benar bersih. Biarkan hingga kering.

Oleskan penghapus cat komersial ke kain bersih. Gosokkan penghapus cat di tempat yang tidak mencolok pada ubin.

Ikuti petunjuk produk untuk membersihkan sisa pembersih cat. Jika tidak ada petunjuk, basahi kain lain dengan air hangat dan gosok bagian yang bersih.

Basahi sikat lembut dan gosok ubin dengan lembut.

Periksa tempat uji untuk kerusakan glasir. Jika tidak ada kerusakan, Anda dapat menghapus noda tumpahan cat dengan cara ini.


2. Penghilang cat alami

Campurkan air dan cuka putih dengan perbandingan yang sama untuk membuat penghilang cat alami jika Anda membutuhkan atau menginginkan alternatif dari versi komersial. Didihkan larutan cuka, lalu angkat dari api.

Oleskan larutan ke kain bersih. Ratakan kain dengan lembut di atas ubin yang dicat. Cuka panas akan melunakkan cat, yang seharusnya mulai terlepas dari ubin. Gosok cat dari ubin dengan sikat lembut.

Ulangi prosesnya dengan ubin dicat lainnya. Kembalikan larutan cuka ke sumber panas sesering yang diperlukan agar tetap panas saat Anda bekerja.

Bilas ubin dengan mengepelnya menggunakan air hangat.

Tips dan peringatan

Pilih penghapus cat komersial dengan label yang menyatakan aman untuk ubin keramik.

Penghilang cat dapat melepaskan asap beracun. Buka pintu dan jendela untuk ventilasi area saat bekerja dengan produk ini.

Menggunakan larutan cuka tidak menimbulkan risiko kesehatan, tetapi lebih memakan waktu daripada menggunakan penghapus cat dan dapat menyebabkan bau tak sedap.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/17/123800976/cara-menghilangkan-noda-tumpahan-cat-pada-ubin-keramik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke