Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ternyata, Ini Manfaat Psikologis Memasang Dekorasi Natal Lebih Awal

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan Desember identik dengan hari raya Natal. Pesona Natal yang penuh kelap-kelip dan kegembiraan menciptakan kebahagiaan dan semangat bagi mereka yang merayakannya.

Dengan tradisi seperti membuat kue Natal, membungkus kado, dan menghias pohon Natal, hari raya yang ditunggu-tunggu ini mampu menumbuhkan perasaan gembira, cinta, dan hal baik.

Karena merupakan hari yang ditunggu-tunggu, banyak orang mulai menghias rumah dengan elemen dekorasi Natal sejak jauh-jauh hari alias lebih awal. Ternyata, ada manfaat psikologis dari menyiapkan dekorasi Natal sejak awal.

Namun, saat ini banyak orang memasang dekorasi Natal jauh lebih awal.

Menurut data statistik penjualan perusahaan pohon Natal Stagsden Christmas Tree, banyak pembelinya mulai memasang dekorasi Natal sejak akhir bulan November.

Apa manfaat psikologis memasang dekorasi Natal lebih awal?

"Saya pikir semua yang dapat Anda lakukan untuk membuat rumah Anda lebih nyaman dan lebih meriah di musim dingin ini hanya dapat membantu kondisi mental Anda," kata Heather Garbutt, psikoterapis dan direktur The Counselling & Psychotherapy Centre.

Psikolog klinis Georgia Halls menyatakan, bagi banyak orang, memasang dekorasi Natal mengingatkan pada saat-saat indah, komunitas, dan hubungan dengan sesama.

"Ini adalah aktivitas yang biasanya kita bagikan dengan orang lain dan memiliki unsur keakraban, yang bisa sangat menghibur," jelas Halls.


Mengundang keceriaan meriah ke rumah lebih awal dengan memasang dekorasi Natal dapat menciptakan perasaan niat baik yang bertahan lebih lama dan secara halus mengangkat suasana hati Anda dengan menambahkan kilau ke lingkungan yang normal, menurut Garbutt.

"Dekorasi Natal apa pun yang Anda suka, apakah itu lampu peri, dekorasi meja, pohon Natal, atau lilin, dapat menjadi penyangga terhadap dunia yang cukup sulit saat ini," tutur dia.

"Melakukan hal-hal Natal favorit Anda lebih awal akan mengingatkan Anda tentang kegembiraan dan kesenangan sederhana menjadi manusia," imbuh Garbutt.

Marsha Chinichian, psikoterapis klinis residen di Mindshine, sependapat.

Menurut dia, banyak penelitian menemukan bahwa antisipasi terhadap sesuatu bisa menjadi bagian yang kuat, positif, dan penting dari kehidupan yang lebih bahagia.

Jadi, memasang dekorasi Natal lebih awal bisa menjadi cara yang sangat sederhana untuk membangun antisipasi musim liburan yang sehat.

"Mendekorasi lebih awal bukanlah ide yang buruk sama sekali. Studi menunjukkan bahwa dekorasi untuk liburan meningkatkan suasana hati dan memicu kenangan positif," ucap Chinichian.

Belum lagi fakta bahwa tindakan memasang dekorasi Natal yang sebenarnya menawarkan dorongan hormon bahagia, yakni dopamin.

Selain itu, bagi banyak dari kita, mendekorasi Natal adalah ritual tahunan yang membawa kenyamanan dan penghiburan dari sekadar kebiasaan. Penelitian dari Harvard Business School menunjukkan, mengulangi rutinitas yang sudah dikenal sangat penting untuk kesehatan mental.


Apakah dekorasi Natal memiliki dampak positif bagi kesehatan mental? 

Singkatnya, ya. Menurut Garbutt, kehadiran dekorasi Natal yang sederhana merupakan penegasan kegembiraan dan perayaan.

Apakah Anda merayakan Natal untuk alasan agama, budaya, atau sosial, imbuh dia, dekorasi menambah keindahan pada waktu yang murung tahun ini.

Yang terpenting, jika Anda ingin mendekorasi lebih awal, maka tidak ada alasan untuk tidak melakukannya. Ketiga pakar psikologi mendorong untuk melakukan apa pun yang memberi Anda kesenangan pribadi saat ini.

"Dalam konteks lingkungan yang tidak pasti karena Covid-19, dekorasi Natal memungkinkan orang untuk mengontrol ruang mereka sendiri menggunakan metode yang telah terbukti berkali-kali untuk membangkitkan semangat banyak orang," jelas Halls.

Adapun menurut Chinichian, meluangkan waktu untuk mendekorasi ruangan Anda dengan cara yang Anda sukai dapat benar-benar mengangkat suasana hati Anda.

"Mengubah rumah dan berfokus pada dekorasi dapat mengubah suasana hati secara drastis dan membuatnya terasa seperti ruang yang lebih bahagia," sebutnya.

Jika Anda ingin memasang dekorasi Natal lebih awal tetapi masih ragu untuk melawan tradisi, Anda dapat memasang dekorasi secara bertahap. Apapun itu, lakukan dengan bahagia dan penuh suka cita.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/08/075500076/ternyata-ini-manfaat-psikologis-memasang-dekorasi-natal-lebih-awal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke