Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara agar Mangkuk Kloset Tetap Bersih, Pakai Bahan di Dapur Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan kloset sering kali malas dilakukan banyak penghuni rumah karena kotor dan menjijikkan. Namun, kloset yang bersih akan berpengaruh pada kesehatan Anda sekeluarga.

Bahan-bahan pembersih toilet yang mengandung unsur kimia berbahaya kerap ditemui di pasaran. Asam, seperti asam klorida, sering digunakan dalam pembersih toilet dan sangat korosif.

Bahan ini bisa sangat beracun saat Anda membersihkan mangkuk kloset, tetapi juga bisa menimbulkan risiko bagi keluarga dan hewan peliharaan Anda.

Pemutih juga merupakan bahan aktif dalam pembersih toilet, tetapi berpotensi membakar, menimbulkan korosi, dan bahkan merusak jaringan. Ini benar-benar berbahaya bagi penderita asma pula.

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Senin (22/11/2021), Anda dapat membuat pembersih kloset sendiri dengan menggunakan bahan-bahan rumah tangga yang sederhana dan ada di dapur Anda.

Campurkan cuka dan minyak esensial dalam botol semprot kecil. Semprotkan campuran cuka di dalam mangkuk dan juga pada dudukan kloset, tutup dan pegangannya.


Biarkan pembersih selama beberapa menit. Kemudian taburkan soda kue di bagian dalam mangkuk kloset dan gosok bagian dalam mangkuk dengan sikat toilet.

Dengan menggunakan kain bersih, bersihkan bagian atas tangki kloset dengan campuran cuka. Gunakan kain itu untuk menyeka bagian atas tutup toilet, di bawah tutup kloset, di atas tempat duduk dan di bawah dudukan kloset.

Bilas kain setelah selesai. Anda juga dapat menggunakan campuran ini untuk menyeka bagian luar mangkuk kloset.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/22/075500976/cara-agar-mangkuk-kloset-tetap-bersih-pakai-bahan-di-dapur-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke