Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Masalah Pencahayaan di Rumah dan Cara Mengatasinya

Sebaliknya, pencahayaan yang buruk dapat membuat rumah terasa dingin dan tidak nyaman. Karena itu, penggunaan berbagai jenis lampu yang strategis dapat dengan mudah mengatasi beberapa masalah utama dalam desain pencahayaan rumah.

Melansir dari Architectural Digest, Rabu (11/11/2021), berikut ini sejumlah permasalahan pencahayaan yang sering dialami rumah dan cara mengatasinya. 

Tidak adanya cahaya alami

Rumah yang tidak memiliki cahaya alami yang memadai penting menggunakan dinding berwarna terang. Sebab, dinding tersebut dapat membantu pantulan cahaya di sekitar ruangan dan memberikan nuansa cerah dan lapang.

Sebaliknya, dinding berwarna gelap memiliki kecenderungan untuk menyerap cahaya. 

Perlengkapan pencahayaan berukuran salah

Ukuran lampu yang dipasang pada plafon harus proporsional dengan ukuran ruangan.

Perlu diketahui bahwa perlengkapan lampu kecil mungkin tidak memberikan penerangan yang cukup, sementara lampu terlalu besar dapat terlihat mendominasi ruangan. 

Suasana dingin

Jika hanya ada cahaya putih atau satu sumber cahaya yang digunakan untuk menerangi rumah, hal itu akan terlihat dingin dan tidak menarik.

Karena itu, penting menanamkan unsur kehangatan dan menciptakan suasana santai dengan skema pencahayaan berlapis.

Hal ini dapat dicapai dengan memperkenalkan pencahayaan sekitar, pencahayaan tugas, dan pencahayaan aksen di berbagai tingkat rumah. Anda dapat menggunakan berbagai pencahayaan berikut ini. 

Sangat disarankan untuk memasang pencahayaan di bawah kabinet guna menerangi meja, yang dapat menambah kecerahan dan memberikan pencahayaan terfokus untuk persiapan makanan.  

Kamar mandi gelap

Kamar mandi gelap tidak hanya terasa suram, tetapi juga menawarkan pencahayaan yang tidak memadai untuk perawatan pribadi.

Karena itu, pencahayaan ambient kamar mandi harus mencakup lampu plafon atau lampu gantung, sementara kamar mandi yang luas harus memasukkan cahaya ekstra di area shower.

Untuk meminimalkan bayangan dan pantulan pada cermin kamar mandi, gunakan lampu sconce dinding di kedua sisi cermin setinggi mata atau cermin LED dengan pencahayaan LED built-in.

Gunakan pencahayaan aksen untuk menerangi fitur desain kamar mandi yang menarik.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/11/204200376/5-masalah-pencahayaan-di-rumah-dan-cara-mengatasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke