Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perhatikan, Ini Tips Memindahkan Tanaman Dalam Ruangan ke Luar Rumah

Dengan memindahkan tanaman ke luar ruangan sementara, dapat membuat tanaman mendapatkan manfaat dari sinar matahari dan udara yang lebih segar. 

Namun, seperti dilansir dari Gardening Know How, Selasa (9/11/2021), ketika memindahkan tanaman dalam ruangan ke luar ruangan, tidak boleh dilakukan tiba-tiba karena bisa membuat tanaman menjadi stres. 

Untuk itu, sebelum buru-buru membawa tanaman hias ke alam terbuka, tanaman perlu secara bertahap menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Menyesuaikan tanaman hias dengan kondisi luar ruangan adalah cara terbaik mengurangi jumlah kejutan dan berhasil menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.  

Intesitas cahaya yang berbeda

Cahaya adalah salah satu faktor terbesar yang berkontribusi membuat tanaman terkejut. Intensitas sinar matahari di luar ruangan jauh lebih besar daripada di dalam rumah.

Meski sebagian besar tanaman hias membutuhkan jumlah cahaya yang cukup, sulit bagi tanaman untuk menyesuaikan diri dari satu cuaca ekstrem ke ekstrem lainnya tanpa mengambil langkah tepat sebelumnya.

Untuk membuat proses ini lebih berhasil dan mengurangi tanaman stres, Anda tidak boleh menempatkan tanaman hias apa pun di bawah sinar matahari langsung di luar ruangan. 

Carilah area yang teduh seperti mungkin teras atau di bawah pohon dan biarkan tanaman menghirup udara segar selama beberapa jam setiap hari.

Kemudian, secara bertahap, pindahkan tanaman ke area dengan sedikit sinar matahari dan perlahan-lahan tingkatkan waktu tanaman di luar ruangan, bahkan biarkan tanaman keluar sepanjang hari.

Setelah beberapa minggu, tanaman hias harus beradaptasi dengan baik dengan lingkungan luarnya agar tetap ada sepanjang musim panas. 

Pertama-tama, selama bulan-bulan yang lebih hangat, tanaman hias akan menggunakan lebih banyak air dan nutrisi. Ini berarti Anda harus meningkatkan interval penyiraman dan pemberian makan untuk tanaman.

Namun, berhati-hati untuk tidak berlebihan. Terlalu banyak air atau pupuk bisa sama buruknya dengan terlalu sedikit. 

Selain itu, Anda mungkin juga berurusan dengan hama. Tanaman hias yang berada di dalam ruangan biasanya tidak terganggu serangga atau hama lain seperti di luar ruangan. Kenali beberapa hama serangga yang lebih umum sehingga lebih siap melawannya. 

Selanjutnya, cuaca adalah faktor lain yang dapat mempengaruhi tanaman hias yang  dipindahkan ke luar ruangan.

Misalnya, angin bisa menjadi stresor besar bagi tanaman hias karena mereka tidak terbiasa seperti saat berada di dalam ruangan. Angin dapat dengan mudah mengeringkan tanaman, bahkan bisa menjatuhkan tanaman.  

Untuk mencegah masalah angin ini, letakkan tanaman hias di area yang terlindungi dengan baik seperti di dekat dinding.

Meski hujan gerimis sering kali merupakan anugerah bagi tanaman hias, hujan lebat dapat berdampak buruk pada tanaman, memukul daunnya, menjatuhkan kotoran dari wadahnya, serta menenggelamkan akarnya. 

Suhu luar juga turut mempengaruhi kondisi tanaman dalam ruangan yang diletakkan di luar. Karena sebagian besar tanaman hias berasal dari daerah tropis, tanaman tidak dapat mentoleransi uhu dingin atau apa pun di bawah 13 derajat Celsius, terutama pada malam hari.

Karena itu, Anda harus selalu membawa tanaman hias ke dalam ruangan setiap kali cuaca mengancam atau suhu lebih dingin sudah dekat. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/09/142800476/perhatikan-ini-tips-memindahkan-tanaman-dalam-ruangan-ke-luar-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke