Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Membuat Dapur Mungil Terlihat Lebih Luas

JAKARTA, KOMPAS.com-- Untuk kamu yang memiliki dapur mungil, menatanya mungkin akan menjadi tantangan.

Pasalnya, jika terlalu banyak barang dan salah perhitungan, dapur yang mungil tampak semakin kecil, sempit dan sumpek.

Untuk itu, diperlukan perencanaan dan penataan yang tepat agar dapur mungil bisa tampak besar.

Berikut adalah lima tips membuat dapur mungil menjadi tampak lebih luas seperti dilansir dari Renonation, (3/11/2021). 

1. Gunakan warna-warna pastel

Pemilihan warna cat adalah salah satu cara termudah dan paling murah untuk membuat dapur tampak lebih besar. Mengingat pilihan renovasi terbatas untuk dapur yang lebih kecil, mengubah warna cat memungkinkan kamu untuk mendapatkan tampilan dapur yang lebih luas dengan mudah.

Cara pertama menggunakan cat adalah memilih warna-warna netral seperti putih untuk menjadi pusat perhatian. Cat putih meningkatkan kesan ruang luas karena pantulan cahaya yang dihasilkan. Ini juga menciptakan lebih sedikit batasan di langit-langit, lemari, dan meja.

Namun, gunakan tekstur atau paduan warna lain agar dapur tak terkesan terlalu putih dan polos. 

2. Gunakan kaca sebagai pintu lemari dapur

Cara lain untuk membuat dapur tampak lebih cerah adalah dengan mencerahkan bagian atasnya, tanpa harus mengubah seluruh lemari penyimpanan. Ganti pintu lemari kayu dengan pintu lemari dapur kaca untuk membuat ruangan semakin cerah.

Pintu lemari kaca memungkinkan mata untuk melihat melewati bingkai lemari sehingga memberikan ilusi permukaan yang lebih besar dan dinding yang lebih tebal.

Namun kamu juga tetap harus memperhatikan dan mencocokkannya dengan warna dari dapur iut sendiri. Kualitas kaca juga penting dan harus dipertimbangkan.

Gunakan bahan yang dibuat untuk mengukur pintu dapur untuk pencahayaan dan suasana yang tepat.

Di dapur kecil, pencahayaan selalu terbatas. Kamu tidak bisa hanya mengandalkan satu bohlam di langit-langit untuk menerangi dapur.

Untuk tampilan dapur yang lebih besar, pasang lampu di atas, di bawah, dan di dalam kabinet. Pencahayaan menghilangkan bayangan gelap yang mungkin membuat ruang tampak lebih kecil.

Kamu bisa memasang lampu pada kabinet dengan lampu portabel, atau mencari tenaga profesional untuk memasangnya pada lemari penyimpanan atau kabinet dapur. 

4. Gunakan cahaya alami

Cara memiliki dapur yang tampak lebih besar masih berkisar pada pencahayaan. Kali ini kamu


disarankan untuk menggunakan pencahayaan alami.

Buka semua tirai jendela dan jangan biarkan cahaya terhalang apapun. Cahaya alami akan membuat dapur sehat sekaligus terlihat luas.

5. Rencanakan tata letak dapur

Ruang dapur yang lebih kecil perlu direncanakan dengan cermat sehingga kamu memiliki ruang penyimpanan yang cukup, ruang meja untuk mempersiapkan bahan makanan dan ruang untuk bergerak.

Perencanaan membantumu menghindari kesan berantkaan di dalam ruangan. Dengan kesan rapi dan tertata, dapur akan tampak lebih luas.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/03/204941276/5-tips-membuat-dapur-mungil-terlihat-lebih-luas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke