Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Warna Cat Dinding Ini Membuat Anda Tidur Nyenyak di Kamar

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih warna cat dinding bukan hanya untuk estetika. Penting juga untuk mempertimbangkan bagaimana Anda ingin merasakan di ruangan, termasuk kamar tidur.

Meskipun kamar tidur dapat menjadi ruangan untuk menunjukkan kepribadian Anda, namun warna cat dinding di dalamnya juga harus fungsional. Terutama jika tujuan Anda adalah menciptakan tempat perlindungan untuk istirahat dan relaksasi.

Sue Peacock, seorang psikolog di Inggris yang berspesialisasi dalam tidur, mengatakan bagaimana tampilan ruangan dapat secara langsung memengaruhi perasaan Anda. 

"Warna dapat memengaruhi Anda secara psikologis, termasuk kemampuan Anda untuk tidur," kata Peacock seperti dikutip dari Apartment Therapy, Selasa (26/10/2021).

"Beberapa warna dapat membangkitkan relaksasi, sementara yang lain merangsang pikiran Anda dan membuat Anda lebih terjaga," ungkap dia.

Sementara warna-warna tertentu mungkin selaras dengan prinsip-prinsip psikologis untuk mendorong istirahat, tidak semua orang mengalami warna dengan cara yang sama.

Tamra Fuscaldo, direktur desain interior di M+A Architects, mengatakan bahwa individu yang memiliki keragaman saraf dapat memproses warna yang lebih keras dengan lebih intens, dengan cara yang merangsang sistem saraf otonom.

Tubuh dan pikiran Anda unik, dan tujuannya adalah untuk memilih warna yang terasa menenangkan bagi Anda secara individual.

"Sangat penting untuk memikirkan kamar tidur sebagai 'ruang perlindungan', di mana kita merasa aman dan terlindungi," ungkap Fuscaldo.


Warna cat dinding yang bisa membuat Anda tidur nyenyak

Sementara preferensi pribadi Anda tentu berperan dalam apa yang akan membantu Anda bersantai sebelum tidur, ada satu warna yang menonjol di atas yang lain jika tujuan Anda adalah tidur nyenyak, yakni biru.

“Tidak hanya lebih redup, tetapi warna biru juga cenderung memiliki efek lebih menenangkan pada otak,” tutur Peacock.

Misalnya, biru telah ditunjukkan dalam penelitian untuk mengurangi pernapasan dan detak jantung, yang sangat bagus untuk tertidur.

Sementara semua warna biru dapat membangkitkan suasana yang tenang, Peacock menyarankan untuk tetap menggunakan warna yang lebih terang di dinding kamar tidur Anda untuk efek terbaik yang mendorong tidur.

Psikolog tidur Katherine Hall, yang bekerja dengan Terapi Somnus, setuju. Biru muda, katanya, secara ilmiah dikaitkan dengan menciptakan perasaan tenang dan tenteram.

“Penelitian juga menunjukkan bahwa rumah tangga dengan kamar tidur biru memiliki kualitas tidur yang paling baik dibandingkan dengan warna lain," sebut Hall.

Selain biru, warna cat dinding lain yang bisa membuat Anda tidur nyenyak adalah hijau. Karena hijau dapat mengingatkan pada alam, Peacock mengatakan itu dapat membuat Anda dalam suasana hati yang santai.

Pilih warna hijau sage yang lembut dan alami untuk menidurkan Anda, atau pilih opsi biru-hijau untuk menggabungkan ketenangan seperti laut dengan getaran alami tersebut.

Nuansa warna yang menenangkan tidak hanya akan membantu Anda bersantai sebelum tidur. Warna ini juga dapat membantu kamar tidur terasa lebih besar karena secara alami mencerahkan ruang.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/26/212600776/warna-cat-dinding-ini-membuat-anda-tidur-nyenyak-di-kamar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke