Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Perilaku Manusia yang Dibenci Anjing

JAKARTA, KOMPAS.com-- Jika kamu memiliki anjing sebagai hewan peliharaan di rumah, ada beberapa perilaku kita yang ternyata tidak disukai oleh mereka.

Sayangnya, perilaku ini seringkali kita lakukan tanpa menyadarinya. Padahal, hal itu tak disukai oleh anjing.

Anjing mungkin tidak bisa mengungkapkan hal ini, namun perubahan perilaku biasanya mereka tunjukkan. Agar kehidupan anjing kesayanganmu lebih bahagia, ada baiknya kamu menghindari perilaku yang tak mereka sukai.

Berikut adalah tujuh perilkau manusia yang ternyata tak disukai oleh anjing seperti dilansir dari My Animals, Rabu (20/10/2021).

1. Berteriak

Ketika seekor anjing masih anak-anak, wajar jika dia bersemangat jika orang datang berkunjung, jadi tidak aneh jika dia melompat ke arah para tamu. Meskipun perilaku ini tidak dapat ditoleransi, namun lebih baik untuk tidak berteriak demi memperingatkannya.

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mengabaikannya dan memberi tahu para tamu untuk tidak merespon perilaku anjing. Beri dia perhatian hanya saat dia diam.

2. Mencengkeram hidung atau moncongnya

Beberapa pemilik memiliki kebiasaan buruk mencengkeram moncong hewan peliharaan mereka ketika dia melakukan sesuatu yang buruk.

Contohnya adalah jika anjing buang air di tempat yang salah. Namun, dengan sikap seperti ini, anjing tidak akan pernah belajar dan dia akan sedih. Ada banyak cara lain untuk mengajari dan melatihnya di mana ia bisa buang air.

3. Menarik talinya

Saat membawa anjing berjalan-jalan, jangan sesekali menarik tali anjing agar mereka mengikutimu berjalan.

Agar anjing patuh saat diajak jalan-jalan, kamu bisa melatihnya, atau bisa juga memberikan


pelatihan pada Si Doggy.

Pasalnya, jika anjing terlalu sering mendapatkan perlakuan ini, dua bisa merasakan kekerasan dan dia bisa bereaksi keras atau merasa sedih dan bahkan terluka secara fisik.

4. Kurungan

Ketika anjing melakukan kesalahan, dia tidak perlu dikurung di dalam sangkar atau ruangan. Itu tidak akan memperbaiki sikapnya, dan dia tidak akan belajar apa pun darinya. Hal yang ideal untuk dilakukan adalah mengajar dan melatih melalui penguatan positif.

Sangat penting kamu ketahui bahwa hewan itu memproses apa yang dia pelajari. Dia kemungkinan besar tidak akan mengerti bahwa kurungannya adalah karena perilaku buruknya, dan karena itu, itu tidak akan memenuhi tujuannya.

Jalan kaki setiap hari adalah salah satu hal yang paling disukai hewan peliharaan. Banyak


anjing menunggu sepanjang hari untuk akhirnya jadwal keluar rumahnya tiba.

Mereka perlu melepaskan energi mereka, jadi mengajaknya jalan-jalan atau berlari adalah salah satu kegiatan utama yang harus kamu lakukan bersamanya.

Menghukumnya dengan tidak memenuhi jadwal jalan-jalan hariannya, selain konyol, tidak akan berdampak apa-apa.

Sebaliknya, salah satu alasan utama mengapa seekor hewan memiliki masalah perilaku adalah karena ia tidak melepaskan energinya. Karena itu, ia perlu diajak jalan-jalan untuk melepaskan adrenalinnya.

6. Menghukum

Anjing selalu memiliki keinginan yang tidak terkendali untuk mengunyah apapun, terutama ketika mereka masih anak-anak. Namun sebaiknya anjing ditak dihukum kerena perilaku ini. Pasalnya, mengunyah barang adalah kebutuhan bagi mereka.

Cara terbaik agar anjing tak mengunyah barang-barang di rumah adalah membelikan mereka mainan khusus untuk mengunyah dan meletakkan barang-barang yang tidak boleh dikunyah di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh anjing. Dengan begitu, mereka akan memusatkan perhatian mereka pada mainan yang mereka miliki.

7. Mengingkari janji 

Jika kamu ingin anjing mempercayaimu, janganlah sekali-kali kamu mengingkari janji atau menarik kembali sesuatu yang sudah katakan kepadanya.

Jika kamu memberi tahu dia, "ayo pergi," dan dia mengaitkan frasa itu dengan perjalanannya, kamu tidak dapat membatalkan perjalanan setelahnya. Selain menjadi frustrasi, anjing juga tidak akan lagi percaya kepadamu. 

Hal yang sama terjadi dengan memperlakukan. Anda tidak dapat menunjukkan kepadanya kue jika Anda tidak akan memberikannya kepadanya atau jika Anda akan menunggu setengah jam untuk memberikannya kepadanya.  

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/20/165048976/7-perilaku-manusia-yang-dibenci-anjing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke