Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tanda Kucing Sedang Sakit

Mengetahui tanda-tanda penyakit yang dialami kucing dapat membantu Anda memberikan perhatian yang dibutuhkan kucing. 

Ditambah, dengan mengetahui aktivitas rutin kucing peliharaan dan penampilan fisiknya yang sehat secara umum, memudahkan untuk melihat perubahan kecil serta mengidentifikasi kapan kucing sakit.

Melansir dari Love to Know, Minggu (17/10/2021), setiap perubahan dalam perilaku makan dan minum serta rutinitas kucing bisa menjadi tanda adanya suatu penyakit.

Sangat sulit bagi pemilik kucing untuk menentukan penyebab perubahan nafsu makan dan gejala lain yang ditunjukkan kucing kepada Anda.

Untuk memudahkan, berikut beberapa tanda kucing sedang sakit. 

Kucing lesu

Meski beberapa kucing tidur hingga 20 jam selama 24 jam dalam sehari, rata-rata kucing tidur 16 jam setiap hari.

Walau menghabiskan begitu banyak waktu untuk tidur, perubahan pola tidur kucing mungkin merupakan tanda masalah medis.

Kucing yang sakit akan tampak lelah atau lemah, tidak menunjukkan minat pada apa pun, dan sering kali menunjukkan perubahan perilaku lain atau kurangnya minat pada makanan dan minum. 

Perubahan aktivitas

Menurut The Cat Hospital, jika Anda melihat perubahan tingkat aktivitas kucing, baik peningkatan maupun penurunan, itu mungkin merupakan indikasi bahwa kucing sedang tidak enak badan.

Jika melihat kucing enggan melompat ke benda-benda yang sebelumnya mudah dijangkaunya atau tampaknya melompat dengan cara berbeda, mungkin ada alasan medis.

Perubahan nyata pada gaya berjalan kucing juga bisa menjadi tanda kucing sakit. 

Perbedaan dalam merawat diri

Kucing pada umumnya adalah hewan yang bersih. Kucing merawat diri mereka sendiri hampir sepanjang waktu.

Ketika sahabat bulu tiba-tiba berhenti merawat diri, itu bisa menjadi tanda kucing stres dan menunjukkan masalah kesehatan seperti radang sendi.

Di sisi lain, kucing yang tak henti-hentinya merawat satu bagian tubuhnya mungkin juga memiliki penyakit kulit. 

Perubahan atau kerontokan bulu

Setiap perubahan pada kondisi atau tekstur bulu kucing sering kali merupakan indikasi bahwa hewan peliharaan sedang sakit. Bulu kucing mungkin terasa kasar, berminyak, atau sangat kering.

Menurut The Cat Hospital, kulit yang mengelupas atau kerontokan bulu yang signifikan, seperti penipisan atau kebotakan yang mencolok, adalah tanda bahwa kucing tidak sehat. 

Muntah berlebihan 

Kucing yang sesekali memuntahkan bola bulu merupakan sesuatu yang normal. Namun, bila kucing muntah berlebihan, ini bisa menandakan kucing sedang sakit.

Perubahan makanan yang tiba-tiba dapat menyebabkan kucing sakit perut. Kucing mungkin makan terlalu cepat serta terlalu banyak sehingga menyebabkan muntah sesudahnya.

Namun, jika kucing sering muntah atau muntah dalam waktu lama, PetMD mencatat itu mungkin pertanda masalah yang lebih serius. 

Bersembunyi

Perilaku kucing yang bersembunyi adalah hal normal, terutama pada siang hari ketika kucing ingin menikmati tidur siang tanpa gangguan.

Kucing juga akan bersembunyi sebagai bagian dari waktu bermain dan mengekspresikan perilaku berburu alami.

Jika kucing tiba-tiba mulai bersembunyi lebih dari biasanya, ini bisa menjadi tanda bahwa kucing sedang sakit. 

Hal ini sering dialami pada kucing tua yang sering bersembunyi karena rasa sakit dan stres yang dirasakan.

Namun, bila kucing tiba-tiba bersembunyi, padahal sebelumnya tidak pernah bersembunyi atau secara drastis meningkatkan jumlah perilaku bersembunyi sebelumnya, inilah saatnya memeriksakan kesehatan sahabat bulu ke dokter hewan untuk memastikan kucing dalam kondisi sehat.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/17/093534576/6-tanda-kucing-sedang-sakit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke