Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Cara Membersihkan Permukaan Berjamur dengan Cuka

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa cuka adalah penghilang jamur yang ampuh? Menurut ServiceMaster Restoration and Cleaning, asam ringan dalam cuka membunuh sekitar 82 persen jamur yang diketahui dan dapat membantu mencegah wabah.

Anda dapat membersihkan sendiri sejumlah kecil jamur pada beragam permukaan di rumah dengan cuka, tetapi perhatikan kapan Anda harus menghubungi profesional.

Dari tempat tidur hingga kamar mandi hingga dapur, berikut ada banyak alasan mengapa membersihkan dengan cuka adalah ide yang bagus. Dilansir dari Taste of Home, Rabu (22/9/2021), berikut penjelasannya.

Apakah cuka lebih efektif ketimbang pemutih?

Cuka benar-benar lebih baik daripada membersihkan dengan pemutih dalam hal membunuh jamur. Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) tidak menyarankan penggunaan pemutih untuk membunuh atau menghilangkan jamur, kecuali dalam keadaan khusus.

Dalam kebanyakan kasus, tingkat latar belakang spora jamur akan tetap ada setelah aplikasi pemutih.

“Pemutih hanya membunuh jamur permukaan, bukan membran di bawahnya,” menurut ServiceMaster.

“Itu berarti jamur akan tumbuh kembali. Bahkan, mengenali pemutih sebagai 'ancaman', jamur akan tumbuh kembali lebih kuat," imbuh lembaga itu.

Ketika pemutih digunakan pada permukaan berpori seperti drywall atau kayu, membran jamur akan bergerak lebih dalam ke permukaan untuk menghindari bahan kimia.

Jenis cuka apa yang harus digunakan?

Untuk membersihkan jamur, gunakan cuka suling putih biasa, biasanya dijual dengan keasaman 5 persen. Anda juga dapat menggunakan "cuka pembersih" dengan tingkat keasaman 6 persen.

Kedua jenis cuka ini efektif membunuh jamur. Anda dapat menemukan cuka pembersih secara online dan di banyak toko perlengkapan rumah tangga.

Berapa lama cuka menghilangkan jamur?

Tergantung pada jumlah jamur, biarkan cuka menempel pada cetakan setidaknya 60 menit sebelum menyeka atau menggosok.

Cara menggunakan cuka untuk menghilangkan jamur

Berikut cara menghilangkan jamur dengan cuka yang dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah di rumah.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

Cara menghilangkan jamur dengan cuka

Semprotkan campuran langsung ke permukaan yang berjamur dan diamkan setidaknya selama satu jam. Setelah satu jam, tuangkan banyak soda kue ke area tersebut.

Gosok dengan kuat untuk menghilangkan sisa-sisa jamur, bersihkan sisa soda kue dan bilas untuk permukaan yang berkilau.

Untuk melindungi diri Anda dari jamur dan sporanya, kenakan sarung tangan, masker, dan kacamata. Sarung tangan juga mencegah iritasi kulit akibat cuka.

Jangan menggunakan cuka untuk membersihkan jamur pada permukaan ini

Karena keasaman cuka, dapat merusak beberapa permukaan. Anda tidak disarankan menggunakan cuka pada batu alam, kayu wax, besi cor atau aluminium.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/22/075800276/simak-cara-membersihkan-permukaan-berjamur-dengan-cuka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke