Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Klasik dan Etnik, Tips Mendekor Ruangan dengan Gaya Academia

JAKARTA, KOMPAS.com- Bayangkan sebuah perpustakaan remang-remang yang penuh dengan buku-buku bersampul kulit dan perabotan antik yang nyaman. Konsep seperti ini dikenal dengan istilah 'academia style'.

Seperti namanya, desain atau dekorasi bergaya academia terinspirasi dari literatur klasik dan pencarian ilmiah, fenomena tersebut telah beredar di media sosial selama beberapa waktu dengan istilah 'dark academia' dan 'light academia' yang digunakan untuk menggambarkan variasi gaya yang kontras.

Nah, kini dekor bergaya academia sedang tren dan digandrungi para pecinta desain. Jika kamu berkeinginan untuk meubah desain kamar atau rumahmu dengan academia style, yuk simak tips berikut ini dilansir dari Better Homes & Garden pada Minggu (19/9/2021).

Dekor dark academia adalah versi desain atau dekor yang lebih murung dan lebih dramatis. Pencahayaan yang redup dan warna yang 'kaya' dan gela memberikan nuansa intim pada ruangan. Dekor ini cocok untuk kamar tidur, ruang kerja, atau perpustakaan.

Saat mendekorasi ruangan bergaya dark academia, mulailah dengan warna dinding yang dramatis seperti abu-abu arang, hijau hutan, biru laut, atau merah anggur. Gunakan furnitur kayu dan kulit untuk menambah kesan misterius pada ruangan tersebut.

Untuk aksesori, isi rak dengan toples apotek dan buku hardcover usang, pilih seni yang terinspirasi oleh ilustrasi vintage atau lanskap musim gugur, dan pilih lilin yang berkelap-kelip terang.

Lebih cerah dan lebih ceria daripada dark academia, kamu akan merasa sedang berada di pedesaan atau di tahun 1950an dengan dekorasi kuno dan antik.

Kamu bisa mengaplikasikan gaya ini ke ruang tamu, ruang makan, atau sudut ruang baca agar dengan banyak cahaya alami.

Warna cat lembut seperti krem, kuning mentega, atau merah muda mawar cocok dengan gaya ini. Carilah pola dan aksesori yang menonjolkan motif alam, seperti bunga, kupu-kupu, atau tanaman rindang.

Cermin berbingkai hiasan, peralatan makan bermotif cantik, dan karya seni dapat membantu menyempurnakan tampilan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/19/185400776/klasik-dan-etnik-tips-mendekor-ruangan-dengan-gaya-academia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke