Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ikan Cupang Hamil? Begini Cara Mengetahuinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan cupang berkembang biak dengan bertelur. Ada beberapa tanda yang harus diperhatikan untuk mengetahui apakah ikan cupang hamil dan akan bertelur.

Dilansir dari Betta Care Fish Guide, Sabtu (18/9/2021), jika Anda tahu bahwa ikan cupang peliharaan Anda adalah betina, ia dapat dengan mudah hamil. Namun, kehamilan pada ikan cupang betina bukan kehamilan seperti yang kita pikirkan.

Ikan cupang tidak melahirkan keturunan hidup seperti yang dilakukan manusia atau mamalia. Sebaliknya, ikan cupang akan hamil dan bertelur.

Proses pelepasan telur ikan cupang secara teknis dikenal sebagai "pemijahan." Banyak ahli ikan akan menggunakan istilah ini ketika menggambarkan cupang yang akan bereproduksi.

Telur ikan cupang belum dibuahi saat dilepaskan, dan tidak akan menetas menjadi bayi ikan sampai dibuahi oleh ikan cupang jantan. Pembuahan terjadi setelah telur diletakkan.

Cara mengetahui ikan cupang hamil

Pada ikan cupang, hamil telur paling sering disebut sebagai keadaan gravid. Tanda ikan cupang hamil yang paling umum adalah adanya garis-garis putih di sisi tubuhnya dan titik putih yang terlihat di perutnya.

Titik putih ini dikenal sebagai ovipositor dan merupakan organ yang bertanggung jawab untuk bertelur.

Anda mungkin juga memperhatikan ikan cupang betina memiliki perut yang menonjol selain tanda-tanda putih ini. Peningkatan ukuran perut merupakan indikator kuat kehamilan, meskipun jika gejala lain tidak ada, ikan cupang mungkin mengalami sembelit atau kelebihan berat badan.


Bagaimana cara ikan cupang bertelur?

Ikan cupang mengandalkan pembuahan eksternal untuk memiliki bayi. Artinya, ikan cupang betina akan mengandung telur dan kemudian ikan cupang jantan akan mengekstraknya dan membuahinya di sarang gelembung yang telah ia bangun khusus untuk proses reproduksi.

Saat ikan cupang jangan membuat sarang gelembung, Anda akan tahu bahwa dia siap kawin dan ini akan sering memicu kehamilan pada ikan betina juga. Setelah telur dibuahi, mereka akan berkembang menjadi sarang.

Anda mungkin melihat anak ikan cupang terbentuk sebagai bintik hitam kecil yang tumbuh menjadi ikan cupang muda yang terbentuk sempurna.

Terkadang seekor ikan cupang betina tidak akan senang dengan sarang yang dibuat oleh ikan cupang jantan. Jika sarangnya tidak memenuhi standarnya, dia akan menghancurkan sarangnya

Akibatnya, telur tidak akan dibuahi. Jika dia menyukai sarang gelembung, dia akan mengizinkan ikan cupang jantan untuk mengeluarkan telurnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/18/125300276/ikan-cupang-hamil-begini-cara-mengetahuinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke