Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengatasi Daun Tanaman Cabai yang Menguning karena Kurang Unsur Hara

Penyebab daun tanaman cabai menguning dipengaruhi sejumlah hal, dari  kekurangan air, kelebihan air, kekurangan unsur hara, hingga serangan virus gemini atau hama thrips. 

Baca juga: Catat, Ini Penyebab Daun Tanaman Cabai Menguning

Namun, dari semua penyebab tersebut, kekuarangan unsur hara yang paling sering terjadi. Untuk mengatasi penyebab ini, kamu perlu melakukan pemupukan secara teratur pada tanaman cabai. 

Dikutip dari kanal YouTube Dari Kami Untuk Kamu, Jumat (17/9/2021), ada beberapa pupuk yang bisa diberikan untuk mengatasi daun cabai kuning akibat kekurangan unsur hara, di antaranya pupuk NPK Mutiara 16-16-16 dan pupuk kandang atau kotoran hewan (kohe).

Berikut ini cara memupuk daun tanaman cabai menguning akibat kekurangan unsur hara. 

Larutkan pupuk NPK Mutiara 16-16-16

Langkah pertama mengatasi daun tanama cabai yang menguning adalah menglarutkan pupuk NPK Mutiara 16-16-16 dengan takaran satu sendok makan dicampur dengan tiga liter air.

Kemudian, aduk rata dan astikan pupuk NPK Mutiara 16-16-16 larut bercampur dengan air.  

Siram tanaman cabai 

Setelah itu, siramkan larutan pupuk NPK Mutiara 16-16-16 ke tanaman cabai. Penting diingat bahwa larutan pupuk NPK Mutiara 16-16-16 cukup disiramkan ke bagian akar tanaman cabai yang ada di media tanam, jangan disiramkan ke daun cabai.

Satu tanaman cabai cukup disiram larutan pupuk NPK Mutiara 16-16-16 sebanyak 200 mililiter.

Lakukan penyiraman larutan pupuk NPK Mutiara 16-16-16 setiap seminggu sekali agar tanaman cabai tetap subur, buahnya lebat, juga daunnya tidak kuning. 

Beri pupuk kandang

Setelah menyiram tanaman dengan larutan pupuk NPK Mutiara 16-16-16, taburkan sekitar satu hingga dua genggam pupuk kandang ke media tanam tanaman cabai.

Proses pemupukan di atas bisa kamu lakukan pada pagi atau sore hari, tetapi sebaiknya dilakukan ketika kondisi media tanam kering.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/17/132700376/mengatasi-daun-tanaman-cabai-yang-menguning-karena-kurang-unsur-hara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke