Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Langkah-langkah Membersihkan Kotoran Kucing

JAKARTA, KOMPAS.com-- Membersihkan kotoran kucing mungkin menjadi bagian yang paling tidak menyenangkan. Namun saat kamu sudah mengambil keputusan untuk memelihara kucing, hal ini harus kamu lakukan demi kesehatan Si Meong.

Pasalnya, jika tidak dibersihkan, aroma tak sedap dari kotoran kucing bisa menyebar ke seluruh rumah.

Terlebih, kucing lebih nyaman menggunakan kotak kotoran yang bersih daripada yang penuh dengan kotoran.

Langkah membersihkan kotak kotoran kucing

Dilansir dari Cuteness, Selasa (14/9/2021), sebelum mulai membersihkan kotak pasir, kamu harus mengenakan sepasang sarung tangan pembersih karet dan masker pernapasan untuk melindungimu dari kemungkinan penyakit yang dapat ditularkan melalui kotoran kucing.

Gunakan sendok kotoran untuk membuang kotoran dari kotak kotoran setiap hari.
Jika kamu menemukan pasir yang menggumpal karena urin, buang juga gumpalan urin.

Buang semua pasir beserta kotoran di dalamnya dan ganti dengan pasir yang baru setiap satu minggu sekali.

Gunakan sendok pasir untuk mengikis kotoran atau kotoran yang menempel di kotak pasir. Kemudian, cuci kotak kotoran secara menyeluruh menggunakan sabun desinfektan ringan dan air. Keringkan kotak pasir dengan handuk dan isi ulang dengan pasir yang bersih.

Perhatikan bahwa beberapa kucing mungkin tidak menyukai bau yang tertinggal, untuk itu bersihkan kotak kotoran dengan teliti.

Karena adanya bau kotoran yang tertinggal bisa membuat kucing enggan menggunakannya sehingga memilih buang air di luar kotak kotorannya.

Membersihkan kotoran kucing di luar kotak

Jika kucing belum pernah menggunakan kotak pasir, membersihkan kotorannya mungkin memerlukan sedikit usaha.

Kenakan sarung tangan pembersih karet dan masker, gunakan handuk kertas untuk mengambil kotoran kucing, dan masukkan ke tempat sampah.


Bilas area tersebut dengan air biasa yang dingin dan keringkan. Saat area tersebut relatif bersih, gunakan produk berbasis enzim yang dirancang untuk menghilangkan bau hewan peliharaan. Beberapa produk ini mungkin memiliki sifat penghilang noda.

Pembersih enzim terbaik untuk urin kucing juga harus menghilangkan noda dan bau kotoran kucing.

Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan khusus yang diberikan pada produk pembersih. Petunjuknya akan memberi tahu kamu tentang seberapa banyak pembersih yang harus digunakan dan berapa lama kamu harus membiarkannya sebelum membersihkannya kembali.

Membersihkan kotoran kucing dari permukaan yang keras adalah yang paling mudah, tetapi jika kucing buang air di karpet atau sofa, kamu butuh usaha ekstra untuk membersihkannya.

Jika pembersih enzim tidak sepenuhnya menghilangkan noda, kamu dapat mencoba mengoleskan penghilang noda.

Membersihkan kotoran kucing yang sedang diare

Membersihkan kotoran kucing yang sedang diare memang tidak pernah menyenangkan, tetapi ini tidak bisa dihindari.

Jika kucing meninggalkan kotoran yang sangat berantakan, kamu harus mengenakan sarung tangan dan melakukan yang terbaik untuk mengambilnya sebanyak mungkin dengan handuk kertas. Jika kotorannya lebih cair daripada padat, kamu mungkin bisa menyerapnya dengan tisu.

Setelah membuang kotorannya, bilas area tersebut secara menyeluruh dengan air dingin yang bersih dan oleskan pembersih enzim.

Jika kamu tidak memiliki pembersih enzim, kamu dapat menggunakan campuran 50/50 cuka putih dan air untuk membantu menghilangkan noda dan bau.

Untuk kamu yang menggunakan campuran cuka buatan sendiri, basahi area tersebut dengan campuran tersebut, lalu gunakan handuk kertas untuk menghilangkan cairannya.

Membuang kotoran kucing yang benar

Kotoran kucing dapat mengandung parasit dan menyebarkan penyakit seperti toksoplasmosis.

Untuk itu, pastikan untuk membuang kotoran kucing dan kotoran kucing di tempat sampah luar rumah.

Simpan juga perlengkapan pembersih kotoran kucing seperti sendok pasir dan sarung tangan pembersih karet, di tempat yang tidak akan bersentuhan dengan barang-barang rumah tangga lainnya.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk membiasakan diri dengan mendisinfeksi barang-barang ini setelah selesai membersihkan kotak kotoran setiap minggunya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/14/223724676/langkah-langkah-membersihkan-kotoran-kucing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke