Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Ide Dekorasi Kamar Tidur Nyaman dengan Warna Abu-abu

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain kamar tidur dengan nuansa warna abu-abu telah melonjak popularitasnya beberapa waktu terakhir. Anda yang ingin mendekorasi kamar tidur dengan warna abu-abu, sebaiknya pilihlah kombinasi warna yang tepat.

Dari abu-abu gelap hingga abu-abu pastel muda, pilihan ide kamar tidur, ada banyak ragam warna yang dapat Anda pilih untuk mendekorasi kamar tidur dengan warna netral yang elegan ini.

"Abu-abu jelas bukan main-main, tetapi ini adalah salah satu ide warna kamar tidur yang paling sulit untuk dilakukan dengan benar saat mendekorasi rumah Anda," kata Kate Watson-Smyth, penulis Shades of Grey, seperti dikutip dari Homes & Gardens, Senin (30/8/2021).

Menurut Watson-Smyth, untuk menemukan warna abu-abu yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan ke arah mana ruangan kamar tidur menghadap, jam berapa Anda akan berada di sana, cuaca yang berlaku, dan yang terakhir, warna sebenarnya yang Anda suka.

Berikut beberapa ide dekorasi kamar tidur warna abu-abu yang dapat menjadi inspirasi Anda.

1. Pilih warna abu-abu pucat, bahkan hampir putih

“Tidak ada yang lebih baik daripada memilih warna netral untuk menciptakan suasana tenang di kamar tidur,” jelas Kathryn Lloyd, konsultan warna di Crown.

Jika Anda mencari alternatif untuk ide kamar tidur putih, nuansa abu-abu yang sangat pucat bertindak sebagai alternatif yang lebih lembut dari kecenderungan warna putih yang lebih mencolok.

Warna abu-abu yang sangat dekat dengan putih digunakan untuk dinding, sementara warna yang lebih gelap digunakan pada sandaran kepala untuk menciptakan kedalaman yang lembut.


2. Cocokkan warna

Tidak semua abu-abu dibuat sama. Sebagian besar warna abu-abu akan hadir dengan nada warna yang berbeda.

“Cara yang bagus untuk menonjolkan undertone abu-abu adalah dengan memadukannya dengan warna yang sama atau serupa," terang Natasha Bradley, pakar interior rumah di Lick.

Misalnya, imbuh Bradley, abu-abu dengan undertone hijau dan dihiasi dengan hijau akan membuat undertone lebih dominan, dan abu-abu dengan undertone pink akan cocok dengan lilac atau merah.

Sebagai contoh, warna abu-abu hangat dipasangkan dengan aksen oranye keemasan untuk meningkatkan nuansa sederhana yang hangat. 

3. Padukan motif

Jika Anda kesulitan menentukan warna kamar tidur terbaik, maka abu-abu adalah kanvas kosong yang sempurna untuk menciptakan skema artistik yang benar-benar unik dan berani.

Skema ini dibangun dari geometris grafis di karpet abu-abu dan putih, dengan pilihan furnitur sederhana untuk memungkinkan eksperimen dengan pola lain.

Seprai dan gorden menampilkan cetakan kontras termasuk motif bunga dan garis-garis, sedangkan pola berbintik pada wallpaper mengingatkan pada cetakan binatang atau bintik-bintik cat air.

Dalam setiap motif, warna abu-abu hangat digunakan untuk mengikat semuanya.

4. Warna abu-abu gelap yang elegan

Abu-abu yang lebih gelap adalah pilihan yang apik bagi mereka yang ingin mendekorasi kamar tidur dengan nuansa teduh.


Dinding warna abu-abu tua yang berbatasan dengan warna hitam adalah pilihan tren untuk kamar tidur, dan terlihat bagus saat dipasangkan dengan langit-langit putih bersih.

Anda bisa menambahkan nuansa hangat dengan penggunaan furnitur warna kayu alami.

Meskipun yang terbaik adalah menghindari warna abu-abu gelap yang dingin di ruangan yang menghadap ke utara, warna ini sempurna untuk mendinginkan ruangan yang terlalu terang dan menghadap ke selatan.

5. Bawa warna cerah

Memilih dinding abu-abu tidak berarti Anda harus berkomitmen pada skema warna netral.

"Ketika menggunakan abu-abu dalam dekorasi, saya sarankan Anda mengikat warna lain, untuk mencegah ruangan terasa tenang dan kusam," sebut Bradley.

"Bila digunakan dengan benar dengan semburat dan aksen warna, abu-abu benar-benar menjadi hidup dan memancarkan warna alami elegan yang menakjubkan," imbuhnya.

Adapun Lloyd memberi contoh, warna abu-abu pucat khususnya dapat mengimbangi nada oranye dan kuning mustard yang paling cerah dan terang, untuk menambah keseimbangan yang menenangkan.

6. Monokrom

Jika Anda terpikat dengan inspirasi skema monokrom, pertimbangkan untuk menambahkan nuansa abu-abu sebagai titik tengah. Abu-abu gelap memberikan latar belakang yang apik untuk skema ini, yang secara artistik menyeimbangkan ide kamar tidur putih dan hitam.

Seprai putih bersih, cat langit-langit, dan pemasangan karya seni memberikan sentuhan akhir yang cantik, sementara garis-garis hitam di karpet dan lampu memberikan nuansa warna gelap. Abu-abu digunakan dalam nada yang berbeda untuk melembutkan area peralihan.


7. Aksen abu-abu

Warna abu-abu tidak perlu digunakan untuk dinding. Sama seperti warna putih, pertimbangkan untuk menggunakannya sebagai cat aksen.

"Untuk menawarkan sentuhan indah ke ruangan mana pun, saya sarankan memilih abu-abu sebagai alternatif putih, saat mendekorasi kayu," papar Bradley.

"Pastikan Anda mencocokkan nada dasar dengan warna di dinding Anda, untuk menambahkan keanggunan, karakter, dan drama ke ruangan," sambung dia.

8. Nuansa hangat

Buat ruangan terasa nyaman dengan ide kamar tidur abu-abu hangat yang berpadu sempurna dengan warna netral lainnya untuk tampilan berlapis yang nyaman.

Gunakan warna abu-abu yang lebih hangat di dekorasi dinding untuk kamar tidur jika Anda ingin menciptakan suasana yang nyaman, cocok untuk ruangan yang menghadap ke utara.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/30/080100076/8-ide-dekorasi-kamar-tidur-nyaman-dengan-warna-abu-abu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke