Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengurangi Kelembapan di Kamar Mandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelembapan udara kamar mandi adalah masalah umum di banyak rumah. Tetesan air cenderung terbentuk di jendela, cermin, dan dinding ketika udara lembap yang hangat didinginkan oleh permukaan dingin ini.

Juga, udara yang lebih hangat dapat menahan lebih banyak uap air, menghasilkan kondensasi yang lebih berat.

Melansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (26/8/2021), ada berbagai solusi untuk memperbaiki kelembapan di kamar mandi Anda untuk membantunya tetap kering dan kurang rentan terhadap pertumbuhan jamur, seperti berikut ini.

1. Ventilasi

Beri ventilasi pada kamar mandi Anda dan jaga agar tetap kering dengan menyediakan saluran keluar untuk kelembapan yang tidak diinginkan. Salah satu cara termudah untuk ventilasi kamar mandi adalah dengan membuka jendela saat Anda mandi.

Hal ini memungkinkan uap air berat untuk ke luar dari kamar mandi. Kipas angin langit-langit atau exhaust fan juga dapat membantu membersihkan kamar mandi Anda dari udara yang lembap.

Bersihkan dan rawat kipas Anda agar tetap berfungsi dengan baik. Kamar mandi yang terletak di daerah yang lebih lembap dapat memanfaatkan dehumidifier portabel.

Tempatkan dehumidifier di kamar mandi Anda untuk mengekstrak kelembapan dari udara dan mengurangi tingkat kelembapan.

2. Cat

Menerapkan cat antikondensasi yang diformulasikan secara khusus ke dinding dan langit-langit kamar mandi Anda dapat membantu mengurangi tingkat pengembunan. Cat ini membantu melindungi langit-langit dan dinding, sehingga meningkatkan suhu permukaannya.


Fungisida sering ditambahkan ke formula cat ini untuk membantu melindungi dari potensi pertumbuhan jamur.

Persiapkan permukaan dinding dengan menghilangkan jamur atau lumut yang ada dengan larutan fungisida, mengikuti rekomendasi pabrikan. Oleskan dua lapis cat untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap pengembunan.

3. Perbaikan keran, menyeka air, dan mengeluarkan benda lembap

Ide lain untuk mencegah kondensasi keluar dari kamar mandi Anda termasuk memperbaiki keran yang menetes, menyeka air di sekitar wastafel dan di lantai, dan mengeluarkan keset kamar mandi dan handuk yang lembap.

Beberapa produk yang diformulasikan secara khusus dirancang untuk menyerap kelembapan berlebih dari kamar mandi Anda. Ini biasanya terdiri dari wadah kecil yang diisi dengan kristal yang mengeras dan larut saat menyerap kelembapan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/26/111300176/cara-mengurangi-kelembapan-di-kamar-mandi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke