Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cuka Putih dan Cuka Apel, Mana yang Lebih Efektif Sebagai Pembersih?

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuka adalah bahan pembersih alami yang murah dan serbaguna. Meskipun bukan disinfektan, namun cuka mampu membersihkan noda dan kotoran yang membandel.

Banyak tips membersihkan berbagai permukaan di rumah menyarankan Anda menggunakan cuka putih maupun cuka apel. Namun, mana yang lebih efektif sebagai pembersih?

Dilansir dari Mind Body Green, Rabu (18/8/2021), berikut penjelasannya.

Perbedaan cuka putih dan cuka apel

Menurut pakar kebersihan lingkungan Tonya Harris, perbedaan utama antara kedua cuka adalah dari mana asalnya.

Cuka apel dibuat melalui proses di mana apel dihancurkan, cairannya diekstraksi, dan melalui proses fermentasi dua langkah.

Adapun cuka putih dibuat dengan mengoksidasi alkohol biji-bijian yang menghasilkan pertumbuhan bakteri dan asam asetat. Cuka putih tidak berwarna, namun lebih kuat ketimbang cuka apel.

Kenapa cuka putih lebih efektif sebagai produk pembersih?

Menurut Harris, cuka putih adalah pilihan terbaik Anda untuk membersihkan berbagai permukaan di rumah.

"Untuk satu hal, itu tidak diwarnai, jadi Anda bisa menggunakannya di permukaan apa pun. Saya tidak akan menggunakan cuka apel di karpet, misalnya," ujar Harris.


Di samping itu, cuka putih sedikit lebih asam, membuatnya menjadi pembersih yang lebih kuat. Selain itu, meskipun bukan disinfektan sejati, cuka putih memang memiliki sifat antimikroba.

"Cuka apel memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan, tetapi ketika menggunakannya sebagai pembersih, saya lebih suka warna putih," terang Harris.

Satu-satunya keunggulan cuka apel dibandingkan cuka putih adalah aromanya. Harris menjelaskan, begitu bau awal memudar, cuka apel meninggalkan aroma manis yang menyenangkan.

"Anda tidak mendapatkannya pada cuka putih, tetapi Anda selalu dapat menambahkan beberapa minyak esensial untuk membantu mengurangi baunya," ucap dia.

Cara menggunakan cuka putih sebagai pembersih

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah Anda tidak jangan menggunakan cuka begitu saja, karena sangat asam. Selalu encerkan dengan mencampurkan cuka dan air dalam jumlah yang sama.

Setelah itu, Anda dapat membersihkan berbagai permukaan di rumah, mulai dari microwave hingga bak mandi. Semprotkan di mana saja pada kotoran yang terlihat, seperti pada keran, bak mandi, pancuran, gunting yang tumpul, peralatan baja tahan karat, dan banyak lagi.

Anda dapat menjalankan mesin cuci dan mesin pencuci piring dengan cuka di dalamnya untuk menyegarkannya dan bahkan menggunakannya sebagai pembersih jendela.

Cuka putih juga merupakan pembersih noda karpet yang efektif saat Anda menyemprotkannya di atas noda yang ditaburi soda kue.

Intinya adalah, baik cuka apel dan cuka putih sangat baik untuk dimiliki. Akan tetapi, cuka apel mungkin paling baik disimpan di dapur untuk dimasak.

Ketika tiba saatnya untuk menggosok permukaan yang kotor, cuka putih dapat menjadi andalan Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/18/072400476/cuka-putih-dan-cuka-apel-mana-yang-lebih-efektif-sebagai-pembersih-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke