Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Membuat Rumah Kedap Suara yang Hemat Biaya

Lantaran bekerja dari rumah, penting untuk menciptakan lingkungan yang tenang dan produktif. Sayangnya, beberapa tantangan kerap ditemui saat bekerja dari rumah, salah satunya suara tetangga yang keras dan berisik. 

Akibatnya, mengganggu konsentrasi dan membuat pekerjaan menjadi tidak produktif.
Salah satu cara mencegah kebisingan adalah membuat rumah kedap suara. Dengan demikian, dapat membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan produktivitas kerja.

Namun, untuk menerapkannya, membutuhkan biaya besar. Meski begitu, tak perlu khawatir. Ada berbagai cara terjangkau yang bisa dicoba.

Melansir dari laman Home and Decor, Rabu (4/8/2021), berikut ini adalah enam cara membuat rumah kedap suara yang hemat biaya. 

Jendela kedap suara

Memasang jendela kedap suara adalah rekomendasi paling mahal, tetapi ini merupakan investasi paling berharga jika Anda serius ingin mematikan kebisingan eksternal.

Biaya penggantian jendela mulai dari Rp25 juta per panel dengan bantuan profesional untuk pemasangan.

Ada banyak pilihan jendela kedap suara yang tersedia di pasaran dan banyak dari produk ini mampu menghalangi kebisingan sehari-hari seperti lalu lintas atau konstruksi.

Beberapa jendela kedap suara juga dilengkapi dengan keunggulan antipecah yang sangat bagus untuk keamanan dan daya tahan bila terjadi angin kencang atau hujan lebat. 

Strip pintu kedap suara

Alih-alih menghabiskan banyak uang untuk mengganti pintu, Anda bisa mencoba alternatif yang lebih terjangkau dengan memasang strip pintu peredam suara.

Strip pintu ini dapat dengan mudah ditemukan secara online dengan harga yang relatif murah Strip ini biasanya terbuat dari bahan karet atau busa dan dapat disesuaikan dengan panjang tertentu dengan gunting atau pisau lipat.

Tergantung pada kualitas dan bahan yang digunakan, segel tersebut dapat mencapai redaman akustik hingga 40dB, jumlah ini setara dengan kebisingan pada perpustakaan. 

Tutup celah udara

Coba perhatikan lubang atau retakan di antara lantai dan dinding karena ini bisa menjadi penyebab kebisingan merembes ke dalam ruangan.

Karena gelombang suara memantul, mereka cenderung memilih jalur dengan hambatan paling kecil dan bergerak melalui celah udara ini. Terkadang celah ini bisa sangat tidak tidak terlihat sehingga Anda tidak menyadarinya.

Untuk mengatasinya, mengisi celah udara ini dengan sealant atau pengisi celah. Beberapa pengisi memiliki formula mengembang yang berubah menjadi busa setelah disuntikkan ke dalam celah. 

Dinding kedap suara

Selanjutnya, cara membuat rumah kedap suara adalah memasang dinding kedap suara. Dinding kedap suara biasanya banyak ditemukan di studio musik. Dinding ini dipasangi lapisan bantalan tebal yang terasa seperti karet atau busa padat.

Panel dinding kedap suara sangat bagus dalam memblokir gelombang suara frekuensi menengah hingga tinggi serta efektif menyerap suara di dalam ruangan untuk mencegah gema.

Menariknya, panel ini adalah hadir dalam berbagai pola dan warna yang dapat disesuaikan dengan dinding. 

Karpet 

Kebisingan dan suara dapat memantul dari dinding dan lantai keras untuk menciptakan gema, terutama jika ruangan sebagian besar adalah ruang terbuka dengan furnitur minimal.

Trik sederhana mengatasi masalah ini adalah menggunakan karpet untuk meredam suara. Anda tidak perlu memakai karpet Persia yang mahal untuk membantu meredam suara. Karpet dengan ramah anggaran dari Ikea atau iRugs juga dapat digunakan.

Pilih karpet yang memiliki banyak kerutan dan bagian atas yang tidak jelas karena karpet tersebut paling baik dalam menyerap suara. 

Tirai kedap suara

terakhir, cara membuat rumah kedap suara adalah mengenakan tirai. Tirai sangat bagus untuk menyerap suara, terutama yang berbahan tebal dan berat.

Tirai dapat membantu mengurangi kebisingan dan gaung di dalam ruangan. Selain itu, tirai kedap suara juga dapat meningkatkan estetika ruangan sekaligus menghalangi cahaya dari luar.

Namun, tak boleh asal memilih tirai untuk meredam suara. Pilih tirai dengan material yang padat. Itulah sebabnya banyak tirai kedap suara di pasaran dibuat dengan kain tenunan rangkap tiga. Suede murni dan poliester juga merupakan bahan yang baik untuk meredam suara.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/04/200044976/6-cara-membuat-rumah-kedap-suara-yang-hemat-biaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke