Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Sederhana untuk Membersihkan Kloset Secara Alami

JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset adalah perlengkapan kamar mandi yang berfungsi sebagai tempat untuk membuang kotoran.

Mengingat benda satu ini sangat rentan terpapar kotoran, kloset yang kamu miliki wajib dibersihkan secara rutin, karena berbagai kuman dan bakteri berada di sana.

Namun, terkait dengan membersihkan kloset, sebaiknya jangan bergantung pada pembersih kloset yang ada di pasaran, karena kandungan bahannya yang keras bisa merusak dan membahayakan.

Dilansir dari DIY Natural, Rabu (4/8/2021), pada artikel kali ini akan dibahas mengenai dampak buruk pembersih kloset bahan kimia dan cara membersihkan kloset dengan pembersih kloset buatan sendiri untuk membersihkan mangkuk dan tangki kloset secara alami.

Mengapa perlu pembersih kloset alami buatan sendiri?

Faktanya, sebagian besar pembersih kloset komersial mengandung bahan kimia keras yang dapat mencemari lingkungan rumahmu.

Asam klorida adalah bahan aktif yang ada di dalam banyak pembersih kloset. Bahan kimia korosif ini sangat beracun.

Lebih jauh, bahan kimia ini menimbulkan risiko bagi anak-anak, hewan peliharaan, dan terutama orang yang membersihkan kloset.

Menghirup asap asam klorida berbahaya bagi hidung, tenggorokan, dan saluran pernapasan. Jika mengenai kulit, itu sangat korosif.

Pemutih klorin adalah bahan berbahaya lainnya. Secara khusus, pemutih sangat kaustik, artinya dapat membakar, menimbulkan korosi, atau menghancurkan jaringan hidup.

Selain membakar mata, hidung, dan kulit, pemutih klorin dapat dengan mudah memperburuk gejala asma.

Meskipun pemutih dan asam klorida bisa memberikan pukulan terhadap kuman dan noda, tapi tak perlu mencemari rumahmu dan mengambil risiko membahayakan kesehatan saat membersihkan kloset.

Pembersih alami untuk kloset

Ada beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk memformulasi pembersih kloset buatan sendiri.

1. Cuka putih

Kamu mungkin bosan mendengar semua pejelasan tentang cuka putih untuk pembersihan alami. Tapi, pada kenyataannya bahan ini sangat alami dan efektif untuk membersihkan.

Cuka adalah asam ringan. Cairan ini mendisinfeksi, menghilangkan bau, dan sangat aman.

2. Boraks

Boraks adalah pembersih serbaguna yang memutihkan, menghilangkan bau, dan menghilangkan noda.

Bertentangan dengan informasi yang tidak akurat di beberapa situs web, boraks tidak sama dengan asam borat (yang beracun).

Ini sebenarnya natrium tetraborat, dan akan beracun seperti garam meja biasa atau soda kue, apabila digunakan dalam jumlah yang sangat banyak.

3. Air lemon atau asam sitrat

Asam sitrat, juga ditemukan dalam air lemon, mengikat mineral di kloset sehingga lebih mudah dihilangkan. Bahan ini dapat membantu mengurangi noda keras yang ditinggalkan oleh air sadah.

4. Minyak esensial

Minyak esensial murni adalah beberapa senjata rahasia terbaik untuk digunakan dalam pembersih swakarya atau buatan sendiri. Banyak dari minyak nabati ini memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan bahkan antijamur.

Minyak pohon teh diketahui dapat membunuh sebagian besar bentuk bakteri ketika ditambahkan ke pembersih pada konsentrasi 0,5 persen hingga 1,0 persen.


Minyak esensial lain yang memiliki sifat antibakteri, dan bermanfaat dalam pembersih kamar mandi adalah lavender, minyak jeruk, peppermint, rosemary, dan kayu putih.

5. Soda kue

Soda kue sangat bagus sebagai pembersih kloset buatan sendiri. Secara khusus, bahan ini menghilangkan bau kloset secara alami.

Perlu dicatat bahwa soda kue tidak memiliki manfaat melawan kuman. Namun, itu akan membantu menjaga mangkuk kloset bebas dari kotoran dan noda.

Formula pembersih kloset buatan sendiri

1. Scrub pembersih kloset minyak pohon teh

Formula penghilang bau ini menggunakan sifat antibakteri minyak pohon teh untuk membunuh kuman di mangkuk kloset dan permukaan kloset.

Bahan- bahan yang diperlukan adalah satu cangkir soda kue, satu cangkir cuka putih suling dan satu sendok teh minyak pohon teh.

Campurkan cuka dan minyak pohon teh ke dalam botol semprot kecil. Semprotkan campuran cuka dan minyak pohon teh ke dalam mangkuk, dan juga pada dudukan, tutup, dan pengangan kloset.

Biarkan larutan menempel selama beberapa menit. Setelah itu taburkan soda kue di dalam mangkuk kloset dan gosok bagian dalam mangkuk dengan sikat kloset.

Gunakan kain kering yang bersih untuk menyeka larutan cuka dari dudukan, tutup, dan pegangan kloset.

Formula pembersih kloset alami untuk noda membandel

Formula pembersih alami satu ini dapat mengatasi noda yang berat atau membandel di kloset. Bahan-bahan yang diperlukan adalah secangkir boraks, secangkir cuka putih, 10 tetes minyak lavender, dan 5 tetes minyak lemon.


Campurkan semua bahan ke dalam mangkuk atau botol semprot. Siram air di sekitar bagian dalam mangkuk kloset dengan sikat kloset, atau cukup siram untuk membasahi bagian dalam mangkuk kloset.

Tuangkan seluruh campuran ke dalam mangkuk toilet secara merata dan biarkan selama beberapa jam atau semalaman.

Pastikan anggota keluargamu tidak menggunakan kloset selama waktu pembersihan. Setelah selesai, gosok mangkuk kloset dan siram dengan air untuk membilasnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/04/191900576/cara-sederhana-untuk-membersihkan-kloset-secara-alami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke