Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Membuat Kamar Tidur Tetap Sejuk Saat Cuaca Panas

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada musim kemarau, cuaca panas membuat kamar tidur yang seharusnya menjadi tempat yang nyaman menjadi panas. Dengan suhu di dalam kamar tidur yang panas, kerap kali tidur menjadi tidak nyaman pula.

"Kamar tidur yang panas dapat berdampak pada kenyamanan kita," kata Simon Williams dari National Bed Federation (NBF) seperti dikutip dari Ideal Home, Rabu (28/7/2021).

Menurut Williams, suhu tubuh kita harus menurun sebelum tidur. Oleh sebab itu, ini yang menjadi alasan mengapa kita tidak bisa tidur ketika kepanasan.

Adapun Williams menyatakan, suhu kamar tidur yang ideal adalah antara 16 hingga 18 derajat celcius. Sehingga, akan menjadi sulit untuk merasa nyaman di ruangan yang panas dan pengap, yang membuat banyak orang kesulitan tidur di malam hari saat cuaca panas.

Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara mudah membuat kamar tidur terasa sejuk saat cuaca panas, berikut beberapa di antaranya.

1. Blokir cahaya

Hindari menyibak gorden pada siang hari untuk mencegah sinar matahari. Gorden anti tembus pandang dibuat untuk cuaca seperti ini dan akan menghalangi cahaya sambil membiarkan udara masuk.

Lampu dan peralatan elektronik pun dapat menghasilkan banyak panas, jadi matikan kecuali Anda membutuhkannya.

"Untuk memulai, pertimbangkan faktor-faktor seperti arah jendela Anda menghadap' kata Jason Peterkin, direktur di 247 Blinds.

Jika Anda ingin benar-benar menghalangi sinar matahari, pilihlah gorden anti tembus pandang. Kain tebal tidak hanya akan membantu mengatur suhu rumah, tetapi juga memastikan Anda mendapatkan tidur malam yang lebih baik selama cuaca panas.


2. Dorong aliran udara di kamar

Saat cuaca panas, kita cenderung tergoda untuk membuka jendela dan pintu gar udara bisa bergerak. Namun, ini tidak selalu merupakan pilihan paling cerdas.

Memutuskan apakah akan menutup jendela atau membukanya sedikit melibatkan mempertimbangkan arah matahari menghadap. Jendela yang menghadap ke utara dan yang menghadap ke selatan membutuhkan pertimbangan yang berbeda untuk mendinginkan ruangan.

"Memilih apakah akan membuka jendela Anda atau menutupnya tergantung pada posisinya' saran Adam Pawson, Kepala Digital di Safestyle.

"Jika jendela Anda menghadap ke selatan, yang terbaik adalah menutup gorden atau kerai Anda, atau meletakkan jendela di posisi ventilasi malam untuk memungkinkan udara masuk. Sedangkan, jika jendela Anda menghadap ke utara, disarankan untuk tetap menutupnya. untuk menghindari masuknya udara panas, " imbuh dia.

3. Ganti seprai

Seprai dengan bahan yang lebih ringan dapat membantu menghindari rasa pengap dan berkeringat saat tidur.

"Seprei katun murni memiliki manfaat sensorik dan, karena bernapas secara alami, membantu mengatur suhu dan tingkat kelembapan saat Anda tidur," tutur Lucy Ackroyd, Kepala Desain di Christy.

"Mencegah perasaan lembab yang menakutkan yang dapat Anda alami dengan serat sintetis. Tidak hanya itu, tetapi kain dengan jumlah benang tinggi lebih halus di kulit, sehingga jauh lebih nyaman, Anda cenderung tidak merasa terjerat atau terperangkap oleh kain kasar yang menempel, terutama pada pakaian tidur," lanjut Ackroyd.

Menurut dia, selain memastikan Anda memiliki seprai yang tepat untuk cuaca panas, Anda juga harus memastikan memiliki selimut yang tepat juga.

4. Masukkan tanaman hias ke dalam kamar tidur

Tanaman hias bukan hanya untuk dikoleksi. Tanaman hias di dalam ruangan atau tanaman hias indoor juga dapat membantu kamar tidur Anda tetap terasa sejuk.

"Tanaman dalam ruangan dapat membantu mendinginkan rumah dalam cuaca hangat, karena mengonsumsi udara panas untuk proses alami mereka," ujar tim di Stelrad.

Ketika atmosfer memanas, tanaman akan sering melepaskan kelebihan air ke udara dari daunnya, akibatnya mereka mendinginkan diri dan lingkungan sekitarnya. Beberapa tanaman hias yang dapat Anda pilih antara lain rubber plant atau tanaman karet, lidah mertua, palem, dan ficus atau ara biola.

5. Matikan lampu

Bola lampu atau bohlam mengeluarkan panas. Mematikan lampu membantu membuat kamar tidur terasa lebih dingin.

"Yang terbaik adalah menghindari segala jenis cahaya atau sumber panas tambahan saat suhu sudah panas. Plus, Anda akan menghemat uang untuk tagihan listrik," jelas tim di Stelrad.

6. Gunakan kipas angin untuk tidur lebih nyenyak

Untuk Anda yang tidak memiliki AC di kamar tidur, Anda dapat memanfaatkan kipas angin.

Kipas angin model terbaru dengan pengatur waktu dan pilihan pengaturan adalah pilihan cerdas jika Anda kesulitan untuk tertidur, tetapi kipas angin biasa juga akan berfungsi dengan baik. Jika benar-benar panas, taruh semangkuk kecil berisi air es di depan kipas angin untuk mendinginkan udara.

"Letakkan mangkuk atau wadah berisi air es langsung di depan kipas angin. Saat es mencair, angin sepoi-sepoi dari kipas akan mengambil udara dingin yang datang dari permukaan es," papar tim di Stelrad.

"Ini akan menciptakan kembali angin sejuk, mirip dengan unit pendingin udara. Sebagai alternatif, kain flanel basah atau handuk kecil basah yang diletakkan di atas kipas angin juga bisa digunakan," imbuh mereka.

7. Pilih kasur yang tepat

Jonathan Warren, direktur di Time4Sleep mengomentari betapa pentingnya memilih kasur yang tepat dan apa yang harus dipertimbangkan jika Anda kesulitan tidur selama cuaca panas.

"Ada sejumlah pilihan kasur yang tersedia yang dapat membantu Anda mengatur suhu tubuh Anda. Secara umum, kasur dengan kandungan bahan alami yang tinggi seperti wol, katun, atau bambu sering menjadi pilihan tepat bagi mereka yang menderita tidur dalam cuaca panas karena cenderung lebih dingin dan juga secara alami hipoalergenik," ungkap dia.


Adapun pilihan lain yang perlu dipertimbangkan adalah kasur memory foam gel generasi baru yang mencakup teknologi pengatur suhu cerdas untuk membantu Anda tetap sejuk di musim panas dan hangat selama musim dingin.

Kasur ini juga memiliki gel dingin pengatur suhu yang menyesuaikan dengan suhu tubuh untuk memastikan Anda tidak pernah terlalu kepanasan atau kedinginan di malam hari.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/28/072700476/7-cara-membuat-kamar-tidur-tetap-sejuk-saat-cuaca-panas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke