Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Aman Membersihkan Benda Berbahan Kuningan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuningan merupakan perpaduan logam tembaga dengan logam seng yang memiliki kadar tembaga antara 60-95 persen massa.

Ada tiga jenis kuningan, yakni kawat kuningan dengan kadar 62-95 persen , pipa kuningan dengan kadar tembaga 60-90 persen, dan plat kuningan kadar tembaga antara 60-90 persen. 

Umumnya, bahan kuningan ini dipakai untuk membuat bingkai tempat tidur, alat musik, pencahayaan, lampu, tempat lilin, dan dekorasi lainnya.

Jika furnitur atau benda kuningan tidak dirawat atau dipernis, akan cepat kotor dan bernoda. Lalu, bagaimana cara membersihkan benda kuningan yang tepat?

Melansir dari Household Management, Jumat (16/07/2021), berikut ini cara membersihkan benda dan furnitur berbahan kuningan.

Cara membersihkan benda dan furnitur kuningan berpernis

Jika kuningan dipernis, sebaiknya tidak dipoles, melainkan dibersihkan saja. Kamu dapat mengetahui apakah benda dan furnitur sudah dipernis dengan melihat lapisan bening pada benda.

Biasanya, jika sudah dipernis, noda hanya akan muncul di permukaan yang dipernis. Langkah terpenting membersihkan kuningan adalah membersihkannya secara rutin menggunakan kain bertekstur lembut. Kamu tidak memerlukan air untuk membersihkan kuningan yang dipernis.

Namun, jika ingin membersihkan noda membandel, cukup basahi permukaan benda dengan campuran air hangat dan cairan pencuci piring.

Jangan gunakan air panas karena dapat merusak pernis. Selanjutnya, lap dengan kain bersih dan kering untuk menghilangkan sisa sabun dan air.

Kuningan yang tidak dipernis mudah ternoda. Jika ingin membuatnya tetap mengkilat, perlu dipoles secara teratur. Berikut bahan dan cara memoles kuningan:

Bahan yang dibutuhkan

Langkah-langkah

  • Pertama, pastikan permukaan benda kuningan bersih dari semua debu dan kotoran sebelum memolesnya.
  • Kedua, kenakan sarung tangan dan letakkan semir kuningan di atas kain katun. Kemudian, gosok noda yang kotor pada bagian permukaan benda. Menggunakan sarung tangan dapat melindungi tangan dari noda, minyak, semir, maupun kotoran dan debu.
  • Ketiga, gunakan sikat gigi untuk menggosok dengan lembut area yang sulit dijangkau seperti lekukan di kuningan, yang terkena noda.
  • Keempat, setelah semua noda hilang, gosok terus permukaan kuningan untuk menghilangkan sisa cat sekaligus membuat benda terlihat lebih mengkilat.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/16/163000276/cara-aman-membersihkan-benda-berbahan-kuningan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke