Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Benda yang Harus Disingkirkan dari Kamar Tidur Menurut Ahli

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orang memiliki cara dan selera masing-masing dalam mendekorasi kamar tidur. Tentu, kamar tidur memang harus dibuat senyaman dan sepersonal mungkin.

Namun demikian, para desainer interior mengungkapkan, beberapa benda dan tren dekorasi dapat membuat kamar tidur tampak lebih sempit dan berantakan. Oleh sebab itu, mereka sepakat benda-benda dan tren dekorasi tersebut harus disingkirkan dari kamar tidur Anda.

Dilansir dari Insider, Kamis (8/7/2021), berikut adalah beberapa benda yang harus Anda hindari di kamar tidur, menurut para desainer interior.

1.Terlalu banyak bantal

Bantal adalah cara yang bagus untuk menambahkan dimensi dan tekstur ke tempat tidur. Akan tetapi, menurut Jody Wallace, pemilik dan desainer interior di Greylyne Wayne Home Staging & Interior Design, terlalu banyak bantal dapat menyebabkan tempat tidur tampak berantakan.

"Selain itu, semakin banyak bantal yang Anda miliki, semakin lama waktu yang Anda butuhkan untuk merapikan tempat tidur," ujar Wallace.

Menurut dia, untuk menjaga tempat tidur Anda terlihat didekorasi dengan baik tetapi praktis, cukup gunakan tiga bantal, karena itu akan menciptakan keseimbangan yang memuaskan.

2. Terlalu banyak tanaman hias di ambang jendela

Tidak ada salahnya meletakkan tanaman hias di kamar tidur. Namun, jangan terlalu banyak meletakkan tanaman hias di sana, apalagi tanaman-tanaman hias berukuran kecil di ambang jendela.

"Ambang jendela cepat berantakan, jadi kami sarankan untuk menggantung tanaman kecil di langit-langit dengan gantungan macrame untuk membuat lebih banyak ruang," kata Wallace.

Dia merekomendasikan cukup meletakkan dua tanaman hias kecil atau satu tanaman hias berukuran besar di kamar tidur Anda.

3. Karpet terlalu kecil

Ada anggapan yang keliru bahwa karpet kecil akan membuat ruangan Anda terasa lebih besar.

"Ukuran karpet sebenarnya menentukan ukuran ruang visual yang Anda buat," ujar Sara Beverin, desainer interior di Interior Marketing Group.

"Sangat penting untuk memilih karpet ukuran terbesar yang pas dengan nyaman di kamar Anda untuk mengoptimalkan tampilan ruang," imbuh Beverin.

4. Terlalu banyak dekorasi di dinding

"Aksen dinding dekoratif dengan tema kitsch atau ungkapan ironis adalah salah satu dari banyak hal yang mengacaukan dinding di seluruh Amerika," sebut Wallace.

"Ketika semua orang memiliki kutipan atau frasa di atas (kepala tempat tidur), otak kita menjadi kewalahan dengan membaca informasi dan tidak dapat fokus pada motif terpenting di rumah," imbuh dia.

Wallace mengatakan, yang terbaik adalah menjaga dinding kamar tidur tetap sederhana dengan hanya menggantung beberapa foto, cermin, atau barang-barang sentimental.

5. Ruang kerja di kamar tidur

"(Letakkan) meja kerja, laporan, dokumen, dan daftar tugas di tempat lain," saran Beverin.

Menurut dia, melihat tumpukan kertas kerja yang harus Anda selesaikan atau daftar hal-hal yang perlu Anda lakukan tidak akan membantu Anda mendapatkan istirahat malam yang baik.

"Kamar tidur adalah ruang untuk bersantai, mengisi ulang (energi), dan melepas lelah," tegasnya.

Jika Anda perlu memiliki meja di kamar tidur, Anda harus meminimalkan jumlah kekacauan yang ada di atasnya dengan memanfaatkan laci, tempat sampah, dan solusi penyimpanan lainnya.

6. Tumpukan barang di meja nakas

Tujuan mendekorasi kamar tidur adalah untuk menciptakan lingkungan yang tenang yang membuat Anda merasa nyaman.

Jadi, jika Anda memiliki kekacauan yang berlebihan, terutama di meja samping tempat tidur atau nakas, itu bisa mengganggu ketika Anda mencoba untuk tertidur.

"Tetap pada hal-hal penting, segelas air, kotak tisu, dan obat-obatan yang diperlukan. Sisanya hanya menghabiskan ruang dan mengumpulkan debu," terang Beverin.

7. Lampu di meja nakas

Untuk mengosongkan lebih banyak ruang di area samping tempat tidur, ganti lampu meja di nakas Anda dengan lampu dinding atau lampu gantung.

Beverin mengatakan, hal itu juga dapat menambahkan elemen gaya yang lebih tinggi ke kamar tidur sambil juga menambahkan lebih banyak cahaya.

8. Televisi

"Bagi sebagian orang, menonton televisi di tempat tidur dapat menyebabkan malam yang gelisah dan tidak dapat tidur," ungkap Wallace.

Tetapi di luar itu, memiliki televisi atau sistem hiburan di kamar tidur juga dapat menyebabkan kekacauan. Kabel, dudukan, speaker, dan monitor dapat memakan banyak ruang yang terkadang tidak dapat Anda hilangkan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/08/162800476/8-benda-yang-harus-disingkirkan-dari-kamar-tidur-menurut-ahli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke