Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tempat Paling Kotor di Rumah, Yuk Dibersihkan!

JAKARTA, KOMPA.com--Setiap kita tentu ingin memiliki rumah yang bersih. Namun, beberapa tempat di rumah yang tampak bersih ternyata masih menyimpan kotoran dan jadi sarang kuman.

Kita sering mengartikan baha bersih artinya tidak ada kotoran, sampah dan juga remahan makanan. Padahal, definisi dari bersih, artinya tempat itu harus bebas dari kuman dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

Berikut adalah tempat yang paling kotor di rumah yang sebaiknya mendapatkan perhatianmu untuk dibersihkan seperti dilansir dari The Spruce, Senin (28/6/2021).

1. Dapur

Dapur adalah salah satu ruangan tersibuk di rumah dan juga yang paling kotor. Semua elemen yang mendorong bakteri untuk tumbuh karena tempatnya yang lembab dan makanan untuk mereka yang sudah tersedia.

Ditambah lagi semua elemen luar seperti daging mentah, buah dan sayuran yang tidak dicuci, dan kuman dari dompet dan ransel semua orang, dan dapur penuh dengan bakteri berbahaya seperti E. Coli.

Area utama yang menjadi perhatian di dapur adalah:

2. Kamar mandi

Sayangnya, beberapa bakteri tetap ada di kamar mandi setelah digunakan. Untuk memastikan bahwa semua jenis bakteri telah hilang, berikan perhatian khusus pada bagian sakelar lampu, kenop pintu, dan gagang keran. Siapkan tisu desinfektan sekali pakai agar mudah dibersihkan setiap hari.

Handuk mandi dan keset harus dicuci dengan air panas setidaknya setiap minggu dan dibiarkan kering sepenuhnya. Handuk tangan harus diganti beberapa kali seminggu.

Wastafel kamar mandi harus dibersihkan setiap hari dengan tisu desinfektan dan tempat sikat gigi dan cangkir harus dibersihkan setiap minggu.

Saat membersihkan area bak mandi, pintu shower, dan toilet yang jelas-jelas kotor, luangkan waktu untuk mengelap permukaan datar seperti dinding di dekat toilet dengan produk disinfektan.

3. Area ruang keluarga

Baik itu ruang tamu, ruang menonton televisi, atau ruang permainan, di mana pun keluarga berkumpul, ada kotoran dan bakteri yang tersembunyi.

Pikirkan berapa kali seseorang menyentuh semua remote control, pengontrol permainan, keyboard, tablet, earbud dan gagang telepon, serta telepon seluler di rumah. Apakah mereka selalu menyentuh dengan tangan yang bersih?

Semua keypad dan pengontrol itu harus dibersihkan setiap hari dengan lap disinfektan yang aman untuk digunakan pada elektronik.

Jika seseorang terkena flu atau virus, mereka harus dibersihkan setiap kali selesai digunakan. Dan, jangan lupa sakelar lampu, sakelar pelat, dan gagang pintu.

Tempat berkembang biak lain untuk bakteri dan alergen adalah pelapis pada furnitur. Kain terkena bersin, tangan yang tidak dicuci, bulu hewan peliharaan dan rambut, serta kotoran dari kaki dan sepatu. Banyak jenis bakteri dapat hidup selama beberapa hari di permukaan ini.

Setidaknya setiap minggu, permukaan berlapis kain, seperti sofa dan karpet harus disedot dengan penyedot debu.

Kemudian segarkan dan bersihkan dengan semprotan desinfektan beraroma atau tidak beraroma.

Jika seseorang di rumah terkena virus atau ruam kulit, tutupi permukaan berlapis kain dengan seprai atau penutup yang bisa dicuci yang dapat diganti dan dicuci sesering mungkin untuk mendisinfeksi.

Kamar tidur dapat menampung jamur, bakteri, dan ribuan tungau dan serangga. Sebagian besar bahaya ini sebenarnya mengintai tepat di tempat tidur.

Tempat tidur digunakan untuk tidur, bersosialisasi, makan, bekerja, dan masih banyak aktivitas lainnya. Jika seprai, selimut dan seprai tidak sering dicuci, mereka dapat menyimpan kotoran yang dapat menyebabkan:

  • Iritasi kulit, eksim, dan berjerawat
  • Infeksi jamur dan bakteri dan MRSA
  • Alergi dan masalah pernapasan

Untuk mencegah semua ini, seprei harus diganti setidaknya setiap minggu dan dicuci dengan benar. 


Penelitian telah menunjukkan bahwa setelah satu minggu, sprei menyimpan lebih banyak bakteri daripada kenop pintu kamar mandi.

Untuk itu, ganti seprai dan sarung bantal setiap seminggu sekali. Jemur bantal dan guling, lalu kemudian pukul-pukul, agar debu dan tungau pergi. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/28/215721476/4-tempat-paling-kotor-di-rumah-yuk-dibersihkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke