Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Benda di Kamar Mandi yang Harus Rutin Dibersihkan

Dilansir dari Womens Weekly, Minggu (27/6/2021), itulah alasan utama mengapa tidak boleh menyimpan barang-barang yang rentan terhadap kelembapan di kamar mandi terlalu lama. 

Apalagi, faktanya, shower puff dan sikat gigi harus diganti setiap satu hingga tiga bulan sekali. Namun, selain benda tersebut, ada benda lainnya di kamar mandi yang harus diganti atau dibersihkan secara berkala.

Benda apa saja? Berikut ini tujuh benda di kamar mandi yang harus rutin dibersihkan secara berkala demi tetap menjaga kesehatan. 

Keset kamar mandi 

Keset kamar mandi perlu dicuci setidaknya seminggu sekali. Keset menyerap banyak air dalam kondisi lembap dan merupakan area bagi kuman untuk berkembang biak.

Cuci keset kamar mandi menggunakan mesin cuci dan masukkan secangkir pemutih atau cuka putih untuk benar-benar menghilangkan semua kotoran. Cuci keset secara sendiri atau tidak boleh dicampur dengan pakaian lain.  

Handuk tangan 

Tahukah Anda bahwa handuk tangan perlu diganti setiap hari? Handuk tangan cepatkotor karena terus-menerus mencuci tangan sepanjang hari.

Hindari menggunakan pelembut kain saat mencuci handuk tangan karena akan mempengaruhi kelembutan dan kehalusannya.  

Handuk wajah 

Jika menggunakan handuk wajah atau spons bulat kecil yang lucu untuk membersihkan wajah, pastikan menggantinya dengan yang baru secara teratur. Hal ini berguna mencegah jerawat dan menjaga kulit tetap bersih. 

Tirai kamar mandi 

Tirai kamar mandi plastik dapat mengembangkan buih, jamur, atau lumut karena tingkat kelembapan tinggi di kamar mandi. 

Jika melihat tanda-tanda jamur, coba mencuci tirai dengan air dingin menggunakan detergen dan setengah cangkir pemutih, kemudian jemur di bawah sinar matahari. 

Shower puff 

Ganti barang-barang seperti spons, loofah, dan shower puff, setiap tiga minggu dan di sela-sela penggunaan.

Cobalah menjemurnya di jemuran atau di bawah sinar matahari untuk memastikannya benar-benar kering sebelum digunakan lagi. 

Sikat gigi 

Seperti yang sudah diketahui jika sikat gigi harus diganti selama tiga bulan sekali. Selain itu, jangan menyimpan sikat gigi di kamar mandi atau menggunakan penutup pelindung untuk menjaganya tetap bersih.

Jangan lupa untuk membilas sikat gigi secara menyeluruh setelah setiap kali digunakan, biarkan benar-benar kering, dan ganti segera setelah bulu menunjukkan tanda-tanda rusak.  

Handuk 

Benda di kamar mandi yang harus rutin dibersihkan selanjutnya adalah handuk tubuh. Jika menggantung handuk setelah mandi dan membiarkannya benar-benar kering, handuk tersebut sebaiknya digunakan sekitar tiga hingga empat kali.

Artinya, Anda harus mengantinya dengan handuk baru setidaknya sekali seminggu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/27/163000276/7-benda-di-kamar-mandi-yang-harus-rutin-dibersihkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke